Wah! Tiga RT di Kelurahan Lebakwangi Jadi Adem

0
433 views

WALANTAKA – Tiga RT di Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka, membuat Tim 7 Juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 merasa nyaman. Kemajuannya di lomba ini signifikan. 

Ketiga RT itu adalah RT 001 dan 002 di RW 001, Lingkungan Cibonteng, serta RT 003 RW 001, Lingkungan Kalak. Namun, RT 003 RW 001, Lingkungan Kalak, yang kemajuannya paling dominan. Selain persyaratan fisik sesuai kriteria LRLA dinilai telah terpenuhi, persyaratan administrasinya juga lengkap.

Perkampungan dengan 23 kepala keluarga (KK) ini rapi, bersih, dan hijau. Teduh dan sejuk.

“Begitu masuk ke kampung ini, langsung terasa adem. Sejuk dan bersih. Ini sesuai perkiraan saya,” kata juri Atik Herawati kepada Radar Banten, Selasa (8/9).

Juri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Serang itu menilai bahwa lingkungan RT 003 menunjukkan hasil maksimal di penilaian tahap dua. ”Penghijauan dan keamanannya bagus. Wah banget deh pokoknya,” ujarnya.

Yang membuat kagum tim juri, ungkap Atik, adalah kebun palawija di belakang kampung. Meski lahannya merupakan pinjaman dari seorang pengusaha asal China, kekompakan warga dan inovasi mereka dengan menanam sayur untuk kebermanfaatan bersama menjadi nilai tambah kampung ini.

”Cuma belum ada plang nama kebunnya. Harus dikasih kayak papan nama gitu,” saran Atik.

Lingkungan RT 003 sangat resik. Tak ada sampah berserakan. Setiap warga, rela swadaya untuk menjaga kebersihan dan keindahan kampungnya. Ini membuktikan jika partisipasi warganya sangat besar.

”SK kelompok sadar lingkungan dan kelompok sadar hukum juga lengkap,” jelas Atik.

Ketua RT 003 Purnawijaya mengatakan bahwa wajah kampungnya saat ini merupakan hasil kerja keras warganya sejak Februari 2020. Warga juga telah merenovasi pos ronda.

“Kita baru lengkapi jadwal ronda, kentongan, dan struktur pengurus pos ronda,” katanya.

Di RT 001 RW 001, Lingkungan Cibongteng, tim juri juga dibuat takjub. Bunga warna-wanri dan tanaman obat keluarga (toga) di pintu masuk kampung ini, seakan menyambut kedatangan kedatangan juri. Tumbuh subur dan inovatif.

“Indah dan bagus,” kata Iptu Darsono, juri perwakilan dari Polres Serang Kota.

Di RT 002 RW 001, Lingkungan Cibongteng, pun sama. Ada kemajuan yang tidak membuat tim juri kecewa karena saran-sarannya dipenuhi.

Sekretaris Camat Walantaka Sahmin mengapresiasi kegiatan warga di RT itu. “Saya jadi betah di sini. Sejuk, bersih, indah, dan aman,” ungkapnya saat mendampingi tim juri keliling kampung. (mg06-wid/don)