Wahyudin Djahidi Komitmen Jadikan Wajah Kota Serang ‘KEREN’

0
1.359 views
Wahyudin Djahidi

SERANG – Kota Serang sebagai Ibukota Provinsi Banten dengan sejumlah permasalahan yang ada, menguatkan niat bakal calon walikota Serang Wahyudin Djahidi untuk maju dalam perhelatan Pilkada 2018. Menurut pengusaha muda ini, dibutuhkan keseriusan dalam penataan wajah Kota Serang sebagai etalase Provinsi Banten.

Konsep untuk membangun Kota Serang sudah dikaji secara matang. Konsep tersebut berawal dari pemikirannya secara pribadi yang kemudian dibahas bersama tim. Adapun buah pemikiran tersebut tertuang dalam visi menjadikan Kota Serang KEREN yaitu Kreatif, Energik, Religius, Edukatif dan Nyaman.

Menurut Wahyudin, konsep Kreatif berarti kemampuan untuk memberi suatu gagasan baru dalam pemecahan masalah. “Masih banyaknya persoalan-persoalan mendasar dalam tata kelola pemerintahan Kota Serang menuntut lahirnya pemimpin yang memiliki pemikiran kreatif untuk menciptakan suatu sistem yang sesuai dengan prinsip-prinsip good governance, di mana penyelenggaraan manajemen pembangunan akan lebih solid dan bertanggung jawab dengan mengedepankan aspek akuntabilitas dan transparansi,” ujarnya, Selasa (1/8).

Energik berarti penuh semangat dan optimisme dalam mewujudkan cita-cita masyarakat Kota Serang yang madani. Semangat otonomi adalah semangat membangun daerah secara partisipatif. Seluruh elemen masyarakat harus terlibat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, hingga pemantauan dan evaluasi secara intensif.

Untuk konsep Religius, berarti penghayatan keagamaan dan kedalaman kepercayaan terhadap adanya Tuhan yang diekspresikan dalam aktivitas sehari-hari. Edukatif berarti bersifat mendidik dan memberikan pembelajaran. Sebagai pusat pemerintahan, Kota Serang harus menjadi kota cerdas atau smart city yang mampu menjawab persoalan perkotaan yang tumbuh dengan pesat.

“Untuk konsep Nyaman berarti kondisi lingkungan di mana konsep penataan kota dilakukan dengan memperhatikan peningkatan peran infrastruktur publik serta pembangunan yang tidak ego sektoral. Kota Serang harus ditata dengan konsep yang menawarkan kota yang sehat, ramah lingkungan, dan berkelanjutan (sustainable). Kota Serang dengan peningkatan pertumbuhan penduduk yang cukup pesat serta mulai menjadi sasaran urbanisasi harus menghadirkan ruang terbuka hijau sebanyak mungkin. Manajemen kota harus dikelola secara seimbang pada aspek lingkungan, ekonomi, sumber daya alam, serta manusianya itu sendiri,” paparnya.

Kata Wahyudin, dalam visi tersebut akan banyak lagi penjabaran program-program di dalamnya. Itu semua bakal diwujudkan ketika berkesempatan bisa memimpin Kota Serang menjadi walikota. “Visi ini juga yang besok (hari ini-red) akan saya sampaikan dalam pemaparan para bakal calon yang digelar DPC Partai Demokrat Kota Serang di Hotel Le Dian. Saya akan buktikan bahwa saya memang siap maju dan memiliki konsep yang matang,” jelasnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)