Wajib Ada Tanaman, RW 01 Lebih Hijau

0
338 views

KRAMATWATU – Jelang penilaian tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, lingkungan RW 01, Kampung Pamengkang Indah, Desa Pamengkang, Kecamatan Kramatwatu, lebih hijau. Mayoritas warganya telah mengikuti instruksi pengurus RW. Yakni, menanam tanaman hias di pekarangan rumah.

RW 01 terdiri dari dua RT, yakni RT 01 dan RT 02. Lingkungan kedua RT ini sudah ditata. Perkampungan yang dihuni oleh warga asal Cimahi, Jawa Barat, ini juga bersih. Tak ada sampah plastik berserakan.

Ketua RT 01 Maman mengatakan, kebiasaan warga menanam tanaman di pekarangan rumah sudah dilakukan sejak lama, secara turun-temurun. Namun, lantaran sudah ada generasi baru, kebiasaan warganya itu sempat terhenti.

“Makanya, yang sekarang keluarga pasangan muda, yang belum ada tanaman di rumahnya, kami wajibkan (menanam tanaman di pekarangan rumah-red),” tegas Maman kepada Radar Banten, Selasa (17/11).

Dijelaskan Maman bahwa tanaman di pekarangan rumah sangat penting. Bukan hanya untuk penghijauan, tetapi juga bisa menyehatkan penghuni rumah.

“Jadi kalau pagi buka pintu tuh udaranya sejuk. Relaksasi pikiran juga,” ujarnya.

Bibit tanaman, jelas Maman, dibeli oleh warga menggunakan uang pribadi. Pun demikian dengan pot tanamannya. Warga mengusahannya sendiri. Ada yang membuatnya dari campuran semen dan pasir.

“Saya bikin sendiri potnya, habis itu diwarnain,” kata Maman.

Instruksi pengurus RW itu, tambah warga bernama Neti Karnina, dilakukan oleh ibu-ibu warga RT 01 dan RT 02. Biasanya, setiap sore, ibu-ibu gotong royong membuat pot tanaman untuk dipajang di pekarangan rumah. “Kalau sore mah rame. Ibu-ibu pada kumpul, nguprek taneman,” katanya.

Sementara, kegiatan warga menata lingkungannya telah terjadwal. Yakni, setiap hari Sabtu dan Minggu. Warga mendekorasi lingkungan kampungnya dengan pengecatan dan membersihkan lingkungan.

Saat ini, menurut Neti, warga RW 01 tinggal melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. “Pekan ini kita lengkapi semua catatan dari tim juri,” pungkasnya. (mg06/don)