Wakil Walikota Serang Libas Pegawai yang Lakukan Pungli

0
462 views
Sosialisasi Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pemberantasan Praktik Pungutan Liar (Pungli) dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Instansi Pemerintah.

SERANG – Wakil Walikota Serang Sulhi menyatakan komitmennya mendukung gerakan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Pemkot Serang. Ia pun berharap Tim Saber Pungli yang akan dibentuk nanti berikap tegas memberantas pungutan liar di Kota Serang.

Hal itu diungkapkan Sulhi pada sosialisasi Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pemberantasan Praktik Pungutan Liar (Pungli) dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Instansi Pemerintah, yang digelar BKD Kota Serang. “Sebagai kepanjangan tangan pemerintahan pusat, mendukung penuh dan segera dibentuk Satgas Saber Pungli di Kota Serang,” ujarnya, Rabu (7/12).

Ia menjelaskan, Pemkot Serang berharap di Kota Serang bersih dari pungutan-pungutan yang tersembunyi. Tindakan-tindakan buruk tersebut harus bisa dicegah sehingga oknum yang melakukan pungutan liar di lingkungan Pemkot bisa diminimalisir dan bisa hilang.

“Kami sangat mengapresiasi dengan adanya sosialisasi ini. Hal ini menjadi langkah maju dari Pemkot Serang untuk menindak para oknum pungli di lingkungan Pemkot Serang. Jika sudah dibentuk Saber Pungli. ke depan masyarakat akan puas dengan pelayanan Pemkot Serang. Jadi kami siap bentuk Tim Satgas Saber Pungli di Kota Serang,” ungkapnya.

Kepala BKD Kota Serang Yoyo Wicahyono mengatakan, sosialisasi ini merupakan langkah awal dalam merealisasikan Surat Edaran Kemenpan RB Nomor 5 tahun 2016. “Berbicara pungli,  kami akui masih banyak kelemahan di lingkungan Pemkot Serang. Sebab pungli sangat sulit dideteksi. Untuk itu kami menggelar sosialisasi terlebih dahulu kepada para SKPD agar ke depan para pegawai Pemkot punya komitmen untuk tidak melakukan pungutan liar,” ujarnya.

Setelah sosialisasi ini, pegawai di Pemkot harus siap menerima sanksi jika terbukti melakukan pungli. “Rencana 2017, tim Satgas sudah dibentuk dan kami mengingatkan kepada pegawai agar mematuhinya,” kata Yoyo. (Ade F)