Suasana Shalat Istisqo di Alun-alun Barat Kota Serang, Jumat (30/10/2015).

SERANG – Ratusan umat muslim melakukan Shalat Istisqo atau shalat minta hujan di Alun-alun Barat Kota Serang, Jumat (30/10/2015). Wali Kota Serang Tubagus Haerul Jaman dan sejumlah pejabat di Kota Serang tampak ikut juga dalam shalat tersebut. Wali Kota sendiri duduk di barisan paling depan, bersebelahan dengan Gubernur Banten Rano Karno dan Penjabat Bupati Serang Hudaya Latuconsina.

Usai Shalat Istisqo, Wali Kota mengatakan, bahwa shalat ini adalah salah satu usaha agar hujan segera turun. Tidak hanya di Kota Serang tetapi juga di seluruh Indonesia. Apalagi di Sumatera dan Kalimantan sedang ada kebakaran hutan yang menyengsarakan warga di sana. “Gagasan untuk shalat ini luar biasa, ini sebagai bentuk kepedulian bagi saudara kita,” katanya.

Walikota Tubagus Haerul Jaman (kanan) saat berbincang dengan Gubernur Banten Rano Karno.
Walikota Tubagus Haerul Jaman (kanan) saat berbincang dengan Gubernur Banten Rano Karno.

Dengan shalat ini, lanjut Jaman, berdoa agar Allah SWT segera menurunkan hujan sehingga tanaman dan hewan kembali hidup dan manusia tidak lagi sengsara. “Masyarakat yang kena musibah asap juga adalah saudara kita yang perlu kita bantu. Saat ini yang bisa kita bantu adalah dengan berdoa melalui Shalat Istisqo,” ujar Jaman.

Ketua MUI Kota Serang KH Mahmudi yang menjadi Khotib Shalat Istisqo mengatakan, kekeringan yang sudah berbulan-bulan terjadi bisa jadi akibat ulah manusia yang banyak berbuat dosa. Karena itu ia mengajak semua umat Islam agar meminta ampunan kepada Allah SWT dari segala dosa. (Humas Pemkot Serang/ADV)