Walikota Airin Dukung Revitalisasi Situ untuk Wisata

Situ Sasak
Situ Sasak Tinggi Pamulang. (Foto: muradmaulana.com)

PAMULANG – Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany sangat mendukung revitalisasi situ untuk destinasi wisata. Upaya Pemkot Tangsel melakukan revitalisasi sebanyak sembilan situ telah dimulai dua tahun yang lalu. Harapannya, situ akan menjadi aset dan taman.

Hal ini terungkap saat pelantikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Situ Ciputat, Pamulang Barat dan Timur (Cipatimbar) di Situ Sasak, Pamulang, Minggu (17/1/2016).

“Lima tahun ke depan, ada revitalisasi taman wisata di situ. Harapan saya, Situ Sasak bisa bermanfaat. Semoga ini dapat dimanfaatkan baik ekonomi, budaya dan sosial,” ujar Walikota Airin Rachmi Diany.

Menurutnya, terlebih dengan adanya budidaya ikan di situ. Dapat menambah pemasukan pengelola maupun warga sekitar situ. “Mudah-mudahan dengan adanya budidaya, masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” ucapnya.

Sementara, Ketua Pelaksana LPM Cipatimbar Sulistyo Winardi menuturkan, pengelolaan situ oleh LPM dapat menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Jika dijadikan tempat wisata warga bisa berjualan di lokasi dan dapat menambah pemasukan. Selain itu, nama Situ Sasak diganti menjadi Situ Cipatimbar. “Situ ini terintegrasi di tiga kelurahan, harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, LPM Cipatimbar mendesak Pemkot Tangsel untuk menjadikan Situ Sasak sebagai lokasi wisata. Proses perizinan untuk pengelolaan situ sudah dilakukan. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Besar Pengairan Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyerahkan pengelolaan situ tersebut menjadi tempat wisata. Situ dengan luas delapan hektare tersebut juga bisa dilakukan sebagai latihan SAR (Search and Rescue). (RB/mg-25/riz)