Walikota Arief Santai Dipanggil Kemendagri Terkait Izin Perjalanan Dinas

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin.

TANGERANG – Walikota Tangerang Arief R Wismansyah merespons santai soal pemanggilan dirinya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait surat izin perjalanan dinas ke luar negeri. Hal itu dikatakannya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/8). Bahkan dirinya siap untuk memenuhi pemanggilan tersebut. “Siap kita mah, kapanpun kita siap. Namanya bawahan diperintah atasan harus siap dong,” katanya.

Arief juga berharap dengan keterlibatan Kemendagri, persoalan tersebut bisa segera selesai. “Kita serahkan aja ke Kemendagri untuk diproses sesuai wewenangnya. Kita mah fokus ke pekerjaan di wilayah. Banyak yang diurusin dan jadi prioritas dalam membangun Kota Tangerang,” paparnya.

Dia menambahkan, menyinggung soal surat izin ke luar negeri, bahwa dirinya jauh-jauh hari selalu mengajukan surat izin ke gubernur sesuai prosedur yang berlaku. “Kita pastinya selalu mengajukan surat izin, namun memang tidak pernah ada respons untuk syarat proses selanjutnya di Kemendagri,” tambahnya.

Sebagai informasi, terkait izin perjalanan dinas luar negeri sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 29 Tahun 2016, Bupati atau Walikota yang mengajukan izin perjalanan dinas luar negeri wajib mengajukan izin tersebut ke Kemendagri melalui Gubernur. Selanjutnya, Gubernur meneruskan permohonan izin tersebut kepada Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda). Pada akhirnya Dirjen Otda atas nama Menteri yang dapat memberikan persetujuan atau menolak izin perjalanan dinas tersebut disertai dengan alasan. “Jadi tunggu aja gimana proses selanjutnya ya,” tutupnya. (gun/adm/sub)