CILEGON – Ketua DPRD Kota Cilegon Fakih Usman belum dapat memastikan waktu pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon terpilih, Tb Iman Ariyadi dan Edi Ariadi.

Ditemui saat menghadiri acara pisah sambut General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak di salah satu hotel di Kota Cilegon, Rabu (3/2/2016) siang, politisi Partai Golkar ini mengatakan, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, untuk kepala daerah setingkat walikota dan bupati akan dilantik langsung oleh pejabat di atasnya yaitu gubernur. “Dilantiknya di provinsi, karena sesuai dengan undang undang bahwa kepala daerah (bupati dan walikota) dilantik oleh gubernur. Insya Allah (pelantikan) minggu kedua, paling lambat minggu ketiga,” ujarnya.

Di sejumlah media massa, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan, pelantikan kepala daerah terpilih dalam pilkada serentak 2015 akan dilantik langsung oleh Presiden RI di Istana Negara. Pelantikan Bupati dan Walikota terpilih dijadwal akan dilaksanakan antara tanggal 15 dan 16 Februari mendatang, beberapa hari setelah gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik. “Yang (pelantikan oleh Presiden) di Istana itu cuma Gubernur. Jadi kalau walikota sudah dilantik, satu hari berikutnya barulah kita lakukan sidang paripurna istimewa,” katanya. (Devi Krisna)