Walikota dan Pejabat Eselon II Dirapid

0
507
Tiga pejabat eselon dua di Pemkot Cilegon menunjukkan hasil rapid test di ruang Asda II Kota Cilegon, Selasa (24/11).

CILEGON – Walikota Cilegon Edi Ariadi bersama sejumlah pejabat eselon dua di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menjalani rapid tes, Selasa (24/11). Rapid tes dilakukan di ruang asisten daerah (Asda) Kota Cilegon.

Rapid tes dilakukan oleh petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

Juru Bicara (Jubir) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Cilegon Aziz Setia Ade Putra menjelaskan, ada empat pejabat eselon dua yang mengikuti tes tersebut. Diantaranya, Kepala Inspektorat Epud Saefudin, Asda II Kota Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana, Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Sandi (DKISS) Kota Cilegon Aziz Setia Ade Putra, dan Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Cilegon Bukhori.

Dijelaskan Aziz, rapid tes itu merupakan agenda rutin dalam mengatisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan kantor Pemkot Cilegon. “Jadi bukan karena pemerintah habis mengadakan rapat di luar daerah, tapi ini rutin saja bulanan,” ujar Aziz.

Terkait pejabat eselon dua yang dirapid, dijelaskan Aziz, pada kesempatan itu tidak seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti rapid di hari yang sama, karena persoalan kesibukan.

Namun, Aziz memastikan seluruh kepala OPD akan menjalani rapid tes secara rutin kendati tidak dalam waktu yang bersamaan.

Di tempat berbeda, Pelaksana tugas (Plt) Kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon Dana Sujaksani menjelaskan, tes itu merupakan upaya deteksi dini Pemkot Cilegon guna mengatisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan pemerintah.

Dijelaskan Dana, kedepan kebijakan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 akan lebih fokus pada upaya pencegahan.

“Upaya pencegahan dirasakan menjadi hal penting. Saat ini tenaga medis bukan lagi sebagai garda terdepan, masyarakat lah yang menjadi garda terdepan dengan cara patuh melaksanakan protokol kesehatan,” paparnya. (bam)