Walikota Jangan Berhenti Berinovasi

0
885 views
HARUS INOVASI: Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Airin Rachmi Diany melayani wawancara dengan awak media saat penutupan Rakernas XII Apeksi di Hotel Savana, Kota Malang, Kamis (20/7). Presiden meminta kepada walikota seluruh Indonesia agar tidak lelah berinovasi untuk melayani masyarakat. FOTO: BAYU EKA NOVANTA/RADAR MALANG

JAKARTA – Tuntas sudah perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2017, Kamis (20/7). Pemerintah Kota Malang sukses menjadi tuan rumah. Baik dari segi penyelenggaraan maupun multiplier effect terhadap perekonomian dari acara yang diselenggarakan pada 19-20 Juli itu.

Presiden Joko Widodo menutup acara tersebut, kemarin. Mantan gubernur Jakarta itu berpesan kepada walikota untuk tak berhenti berinovasi. ’’Sebab, perkembangan dunia sangat cepat,’’ tegas Jokowi, kemarin siang.

Dia berpesan, dalam dunia yang sangat dinamis seperti saat ini, kunci sukses adalah mengendalikan perubahan. Selain itu, harus bisa memberdayakan generasi Y alias generasi usia 16-35 tahun. Menurut Jokowi, generasi itu akan bisa mengendalikan perubahan-perubahan dalam banyak bidang.

’’Saya mengingatkan kepada semuanya, perubahan sangat cepat sehingga tidak boleh berleha-leha dengan rutinitas. Setiap walikota harus mampu mengembangkan kota masing-masing,’’ tegasnya.

’’Dulu kita mengenal internet, lalu mobile internet, dan perubahan teknologi lainnya. Walikota harus menyadari perubahan ini,’’ sambungnya.

Jokowi mengingatkan agar semua pihak menyadari perubahan tersebut. Apabila terjadi perubahan dan pemerintah tidak memperhatikan maupun mengantisipasi, mereka akan ketinggalan zaman. ’’Jangan senang usaha yang monoton. Pemerintah harus mampu antisipasi perubahan-perubahan,’’ tegasnya. (JPG)