Walikota Serang Copot Sekda

0
563 views

SERANG – Walikota Serang menggeser Tubagus Urip Henus dari Sekretaris Daerah (Sekda) menjadi Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik. Selain Urip, Walikota Syafrudin melakukan rotasi tujuh pejabat eselon II di lingkungan Pemkot Serang.  

Pergantian sesuai dengan Keputusan Walikota Nomor 821.2/Kep.529/Huk/2020 tentang pengangkatan alih tugas JPT di lingkungan Pemkot Serang, berlangsung di Aula Setda Puspemkot Serang, Jumat (9/10). 

Ketujuhnya yaitu, Komarudin yang sebelumnya menjabat Asda III Kota Serang menjadi Inspektur Kota Serang. Heri Hadi yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Wali Kota menjadi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang. Yoyo Wicahyono yang sebelumnya menjabat Kepala Disperdaginkop dan UKM menjadi Kepala Disparpora.

Kemudian, Maman Lutfi yang sebelumnya menjabat Kepala Dishub Kota Serang menjadi Staf Ahli Bidang SDM dan Kesra, Akhmad Zubaidillah yang sebelumnya menjabat Kepala Disparpora menjadi Kepala Disperdagink dan UKM.

Selanjutnya, Imam Rana menjabat Asisten Bidang Administrasi Umum dan Yudi Suryadi yang sebelumnya menjabat Inspektur Kota Serang menjadi Asisten Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat.

Walikota Syafrudin mengatakan, pergeseran Tb Urip Henus dan JPT Pratama lainnya dilaksanakan berdasarkan rekomendasi KASN dari hasil Uji Kompetensi pada Agustus 2020. “Sekda itu bukan dicopot. Karena Sekda itu JPT. Setelah lima tahun harus evaluasi dan Uji Kompetensi. Kalau dicopot itu di tengah jalan,” ujarnya kepada wartawan usai pelantikan. 

Dikatakan Syafrudin, untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda. Dalam waktu tiga hari ke depan Walikota Serang akan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) sebelum mengusulkan penjabat ke Pemprov Banten sambil mempersiapkan open bidding. “Bisa saja pak Urip ikut open bidding lagi,” katanya. 

“Saya berharap, mudah-mudahan penempatan ini sesuai dengan harapan. Bisa menjalankan tugas pemerintah dalam melayani masyarakat,” tambah Syafrudin. (Fauzan Dardiri)