Walikota Tangerang Akan Berangkatkan Umroh Jika Warga Bisa Berantas DBD

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah
Walikota Tangerang Arief R Wismansyah.(twitter)

LARANGAN – Walikota Tangerang Arief R Wismansyah bakal memberangkatkan warga pergi umroh jika mampu mensukseskan program pemberantasan nyamuk demam berdarah. Hal itu ia katakan dalam kegiatan safari pembangunan untuk tahun anggaran 2015 di wilayah timur yakni Kecamatan Cipondoh, Pinang, Ciledug, Karang Tengah dan Larangan. “Bagi yang dapat jentik sekilo, saya kasih hadiah umroh,” ucap Arief di GOR Puri Beta, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Selasa (16/2/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Walikota meminta untuk penanggulangan demam berdarah, masyarakat Kota Tangerang harus menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sementara soal safari pembangunan yang dilakukan, walikota mengharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program pembangunan. “Ini juga bentuk pertanggungjawaban kami terhadap program pembangunan yang telah kami laksanakan,” katanya.

Dalam kegiatan safari pembangunan tersebut juga dilaporkan alokasi anggaran untuk pembangunan yang telah dilaksanakan beserta realisasinya. Pada tahun 2015 lima kecamatan yakni Cipondoh, Pinang, Ciledug, Karang Tengah dan Larangan mendapatkan anggaran Rp 125,1 Miliar. Dana tersebut dialokasikan untuk sembilan program yakni pembangunan transportasi di 177 ruas, pembangunan saluran drainase di 51 ruas, pembangunan turap untuk 31 ruas, sarana pemerintahan sebanyak 15 unit, sarana pendidikan sebanyak 6 unit. Sarana kesehatan 22 unit, serta sarana olahraga sebanyak 5 paket, PJU, Taman dan RTH 12 paket dan juga 8 paket bedah rumah.

Walikota juga memaparkan berbagai program yang tengah dilaksanakan oleh Kota Tangerang, mulai dari Program Tangerang Terang, Tangerang Berbenah dan Tangerang Bersih. “Kita lagi konsen bagaimana menyelesaikan angka kemiskinan yang ada 55 ribu KK, masuk ke kategori masyarakat berpenghasilan rendah. Makanya kita akan intervensi hal tersebut melalui program bedah rumah,” paparnya.

Ia juga menjelaskan bahwa melalui Safari Pembangunan diharapkan juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. “Ini juga bentuk pertanggungjawaban kami terhadap program pembangunan yang telah kami laksanakan,” jelasnya. (RB/iws/dus)