Wapres Janjikan Revitalisasi Jalur Kereta Api

0
813 views
Wapres KH Ma’ruf Amin didampingi Wagub Andika Hazrumy, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, dan sejumlah menteri saat mengunjungi Kabupaten Lebak, Kamis (30/1) pagi.

LEBAK – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Lebak dengan menggunakan moda transportasi kereta api dari Kebayoran menuju Rangkasbitung. Orang nomor dua di Indonesia ini menegaskan, pemerintah akan melakukan revitalisasi jalur kereta api ke Serang hingga Merak sehingga waktu tempuh bisa lebih cepat.

Pantauan Radar Banten di lapangan, Wapres tiba di Stasiun Rangkasbitung dengan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Wakil Menteri Pariwisata Angela Herliani Tanoesoedibjo. Dari Stasiun Rangkasbitung, rombongan menuju Dodiklatpur Rindam III Siliwangi di Ciuyah. Di sana, Wapres dan rombongan disambut Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Wapres  kemudian menyapa para pengungsi bencana banjir dan longsor serta meminta mereka untuk bersabar. Pemerintah pusat dan daerah berkomitmen akan melakukan penanganan pascabencana secara optimal. Usai menyapa dan memberikan bantuan, Wapres kemudian menuju Pendopo Bupati Lebak.

Usai istirahat dan makan siang, Wapres asal Banten itu melakukan penanaman pohon di depan pendopo dan memberikan keterangan pers kepada wartawan. “Rencana pembangunan jalur kereta api dari Rangkasbitung ke Labuan sudah dimulai. Kemudian akan ada revitalisasi jalur kereta api dari Rangkasbitung ke Merak dengan memperkuat relnya dan menambah frekuensi kereta apinya,” kata Ma’ruf Amin di Pendopo Bupati Lebak.

Stasiun Rangkasbitung akan menjadi stasiun hub besar atau terpadu sehingga masyarakat bisa ke Jakarta, Merak, dan Labuan. Pengembangan transportasi kereta api di Banten dinilai akan mendukung kemajuan di daerah yang dilintasi moda transportasi massal tersebut. Apalagi, sekarang sedang dilakukan pembangunan Tol Serang-Panimbang dan infrastruktur jalan lain di wilayah selatan.

“Rel kereta api diperkuat yang menuju Merak. Saya akan mempercepat proses-proses yang telah dimulai,” tegasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, masyarakat Rangkasbitung bahagia dengan pembangunan double track kereta api dari Jakarta ke Rangkasbitung. Kebijakan itu semata-mata untuk mendukung program pembangunan di daerah. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Lebak. Karena akses masyarakat ke Jakarta bisa lebih cepat dan mudah dengan kehadiran KRL commuter line.

“Ini pasti akan membuat perekonomian rakyat Rangkasbitung semakin bagus,” ungkapnya.

Menurutnya, Rangkasbitung sebagai interline dari Jakarta harus mendapatkan perhatian yang maksimal. Apalagi tiap hari banyak sekali warga Rangkasbitung yang pergi pulang ke Jakarta. Karenanya, Kemenhub akan melakukan perbaikan jalur Rangkasbitung-Serang. Dulu waktu tempuhnya dari Rangkasbitung ke Serang dua jam, tapi setelah diperbaiki waktu tempuhnya hanya satu jam.

“Karena kecepatannya jadi 70 kilometer per jam. Juga ke selatan, ke Pandeglang dan ke Bayah. Jadi, tiap tahun ada pergerakan-pergerakan,” ungkapnya.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah memberikan support kepada pemerintah daerah dalam pengembangan jalur transportasi. Sehingga, wisatawan yang akan ke Lebak dapat menggunakan moda transportasi kereta api dan moda transportasi lain. Untuk itu, visi Bupati menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal dapat mudah direalisasikan.

“Wisatawan dari Jakarta dan daerah lain di Jawa Barat bisa memanfaatkan moda transportasi kereta api ketika akan berkunjung ke Lebak. Bahkan, ke depan setelah jalur ke selatan diaktifkan maka destinasi wisata di Lebak Selatan akan ramai dikunjungi wisatawan,” tukasnya.

HARAPAN PEMKOT SERANG

Usai dari Lebak, Wapres melanjutkan perjalanan ke Kota Serang. Di Ibukota Provinsi Banten ini, Wapres disambut Walikota Serang Syafrudin.

Syafrudin  berharap, rencana revitalisasi perkeretaapian itu dapat berdampak baik untuk transportasi perkeretaapian di Kota Serang. “Mudah-mudahan bisa memperlancar kebutuhan transportasi bagi masyarakat Kota Serang,” tuturnya.

Ia mengatakan, rencana revitalisasi itu akan mulai dibangun tahun ini. Apabila sudah berjalan, masyarakat Kota Serang dapat lebih mudah dan cepat menuju Jakarta.

“Mudah-mudahan setelah ini dibangun, waktu tempuh ke Jakarta dapat lebih cepat,” ujar Syafrudin.

Dengan kemudahan dan kecepatan waktu tempuh ke Jakarta, ia juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian. “Akses lebih mudah ke Jakarta. Saya berharap perekonomian di Kota Serang juga dapat meningkat. Tentu, kami Pemkot Serang sangat mendukung. Kami juga akan menyesuaikan program kami untuk mendukung ini,” tuturnya. (tur-nna/alt/ira)