LEBAK – Sebanyak 20 orang lebih warga perumahan Baros Indah Permai (BIP), Desa Kadu Agung Barat, Kecamatan Cibadak, Lebak, melakukan aksi pemblokiran jalan yang menjadi akses utama ke perumahan. Mereka meminta PT Royal Bestindo selalu developer memperbaiki jalan tersebut, karena kondisinya rusak dan sering banjir ketika musim penghujan.


Pantauan Radar Banten di lokasi, masyarakat menanam pohon pisang dan menyimpan pot bunga di tengah jalan. Bahkan, jalan yang menjadi akses masuk diblokade dengan menggunakan spanduk. Beberapa warga secara bergantian melakukan orasi menuntut perbaikan jalan perumahan tersebut.


Ketua RW di BIP Ajis mengatakan, akses jalan di perumahan BIP kondisinya rusak. Sampai sekarang, ruas jalan tersebut statusnya belum jelas apakah masih tanggung jawab pengembang atau pemerintah daerah. Jika telah diserahterimakan maka kondisi jalan harus dalam kondisi baik.


“Masalah jalan ini masih menggantung, karena di satu sisi pengembang sudah tidak lagi melaksanakan kegiatan pembangunan dan di sisi lain fasilitas sosial dan fasilitas umum perumahan belum diserahkan kepada pemerintah daerah,” kata Ajis di hadapan masyarakat, Selasa (20/8).



Pengurus RW, lanjutnya, akan mengomunikasikan aspirasi dari masyarakat kepada pengembang dan pemerintah desa. Harapannya, ada solusi terbaik bagi masyarakat yang tinggal di perumahan BIP.


“Kita akan lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pengembang perumahan. Kita minta pelimpahan fasos dan fasum dapat segera dilakukan, sehingga pemerintah daerah dapat mengeksekusi perbaikan jalan yang menjadi akses utama perumahan BIP ini,” ungkapnya. (Mastur)