Warga Baru Pasang Umbul-umbul

0
295 views

PADARINCANG – Umbul-umbul terpasang di pinggir jalan di RW 03, Kampung Cibojong Permai, Desa Kadubeureum, Kecamatan Padarincang. Baru sebatas itu  warga kampung ini melakukan persiapan menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Kamis (15/10), masih banyak sampah plastik berserakan di jalan. Saluran air pembuangannya pun masih dipenuhi sampah. Tak ada tanaman bunga di jalan. Pos ronda di RW ini pun belum dilengkapi alat keamanan.

Terkait persiapan kampung ini, Ketua RW 03 Acang mengaku jika pihaknya masih belum sepenuhnya paham tentang LKBA. Lomba antar-RW ini merupakan tahun pertama bagi warga Cibojong Permai.

”Dari Pemerintah Desa Kadubeureum sih sudah menginstruksikan untuk menata kampung. Tapi kami masih bingung soal teknisnya seperti apa,” kata Acang.

Kebingungan Acang itu membuatnya mengajak warga untuk memasang umbul-umbul di sepanjang jalan sekira 300 meter. ”Biasanya mah kan kalau ada acara apa-apa tuh warga pasang umbul-umbul,” ujar Acang.

Namun, setelah mendapat penjelasan dari tim peliputan Radar Banten, Acang mengaku akan mengawali penataan kampungnya dengan mengajak warganya  untuk membangun gapura dari bambu pada Minggu (18/10).

”Soalnya belum ada dana, warga lagi pada kesulitan ekonomi, jadi pakai bambu aja,” tuturnya.

Bambu diambil dari kebun di belakang Kampung Bojong Permai. Dengan bambu pula, warga akan digerakkan untuk membuat pagar. Lalu, membersihkan saluran air dna menanam tanaman bunga di pinggir jalan.

”Kalau siskamling mah setiap malam selalu aktif. Cuma alat keamanannya aja belum lengkap,” aku Acang.

Sekretaris Desa Kadubeureum Dudi Apipudin mengakui jika pihaknya baru satu kali menyosialisasikan LKBA kepada warga. ”Soalnya, bulan-bulan kemarin kita fokus ke bantuan terdampak Covid, jadi LKBA-nya belum ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Ia pun berjanji bakal memantau persiapan RW-RW di desanya. ”Tahun ini memang agak berat, tapi kami optimis bisa dapat juara LKBA,” pungkas Dudi. (mg06/don)