Warga Berembuk Soal Pemanfaatan Sampah

CIPOCOK JAYA – Pemanfaatan sampah tengah menjadi pikiran warga RT 03 RW 02, Lingkungan Ciemas Raya, Kelurahan/Kecamatan Cipocok Jaya. Pasalnya, juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 menilai, pemanfaatan sampah anorganik yang dilakukan warga RT ini kurang inovatif.

“Pada saat penjurian kemarin (tahap pertama mulai 4-15 Mei 2020-red), masih ada beberapa hal yang perlu kami benahi. Di antaranya, penghijauan dan inovasi (pemanfaatan sampah anorganik-red). Penghijauan, di antaranya, dengan memelihara tanaman obat yang sekarang masih belum banyak,” kata Syaiful, pemuda RT 03, Minggu (17/5).

Oleh karena itu, menurutnya, warga telah berkumpul untuk membicarakan persiapan RT 03 menghadapi penilaian tahap kedua, Agustus mendatang. Beberapa ide dari warga telah muncul dan disepakati.

Nanti, warga RT ini akan memaksimalkan penghijauan dengan membuat ruang terbuka hijau. Tanaman yang digunakan adalah tanaman obat keluarga (toga). Kebersihan dan kerapihan lingkungan juga menjadi perhatian warga.

Pemanfaatan sampah plastic, lanjut Ketua RT 03 Nawawi, juga menjadi perencanaan warga. “Sekarang, sebenarnya sudah dilakukan dengan memanfaatkan botol plastik untuk pot gantung. Tapi memang belum banyak. Untuk penilaian tahap kedua, akan kami maksimalkan lagi,” ujarnya.

“Untuk sekarang, paling mengurus SK kelompok penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum dulu ke kelurahan,” tambah Nawawi. (rio/don)