Warga Bergerak, RT 02 Punya RTH

0
671 views

TAKTAKAN – Ruang terbuka hijau (RTH) telah dibangun di RT 02 RW 01, Lingkungan Ciolang Jaya, Kelurahan  Panggungjati, Kecamatan Taktakan. Warga RT ini langsung bekerja bakti menanam bermacam tanaman obat di lahan seluas 10 x 7 meter persegi begitu penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tahap pertama rampung, 15 Mei lalu.

Saat penilaian tahap pertama, penataan RT 02 memang belum selesai. Warga baru membenahi pos ronda, memagari jalan lingkungan, dan melakukan penghijauan.

Pembuatan RTH ini, kata Ketua RT 02 Ali Agus Gunawan, sesuai saran juri dan inisiatif warganya. “Sebenarnya sudah (RTH dibangun-red) tapi belum maksimal. Nah, sekarang sudah bagus,” katanya, Selasa (19/5).

Agar terlihat cantik, RTH ini diberi hiasan dari bambu yang dicat warna-warni. Ada terowongan segitiga, spot foto bertuliskan “Ciolang Jaya”, dan sudut tanaman obat keluarga (toga) di dekat pos ronda. “Alhamdulillah, ini semua berkat kekompakan warga,” tutur Ali.

RT 02, diakui Ali, kurang penghijauan. Cuma ada beberapa warga yang menghijaukan pekarangan rumahnya dengan tanaman di dalam pot. Tapi, setelah RT ini diikutkan LRLA, warga mulai swadaya menghijaukan lingkungannya.

“Sekarang mah walau jalannya masih rusak, tapi kelihatan hijau dan rapi,” ujarnya.

Sarana dan prasarana pos ronda di RT ini juga telah dilengkapi. Ali pun optimistis, RT-nya bisa mendapatkan gelar juara. “Yakin pasti juara. Soalnya, warga sudah maksimal. Tinggal penyempurnaan aja,” ungkapnya.

Lurah Panggungjati Jaenuri mengaku mendapat banyak pelajaran dari penilaian LRLA tahap pertama. Warga tidak lagi bingung ketika akan menata lingkungannya. Sebab, juri telah menjelaskan kategori lomba dan komponen penilaiannya kepada warga dan pengurus RT.

“Saya jamin, penilaian tahap kedua nanti, semua RT di Panggungjati dapat nilai bagus,” tandas Jaenuri. (mg06/don)