Warga Berkreasi Menata Halaman Rumahnya

0
341

CIKEUSAL – Setiap warga mendapat tanggung jawab untuk mempercantik halaman rumah masing-masing. Salah satu cara pengurus RW 02, Kampung Cipacung, Desa Mongpok, Kecamatan Cikeusal, untuk memaksimalkan penataan lingkungan kampungnya.

Alasan warga didorong untuk mandiri menata halaman rumahnya, jelas Kepala Desa Mongpok Bana, karena kesadaran warga RW 02 akan pentingnya kebersihan lingkungan telah tumbuh. “Alhamdulillah, warga sudah sadar, jadi agak lebih mudah penataannya. Mereka semua turun menghias halaman masing-masing,” ujarnya.

Cara itu tidak mengesampingkan kegiatan gotong royong. Warga tetap bahu-membahu membersihkan kampungnya, membuat tempat sampah, serta melakukan pemagaran dan pengecatan.

“Kalau lagi gotong royong, semua menata untuk kampung. Di luar kegiatan itu, masing-masing warga menata halaman rumah masing-masing,” jelas Bana.

Babinsa Mongpok Sertu Deni Rahmatullah mengakui jika warga RW 02 antusias mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Warga telah mempersiapkan kampungnya sejak Agustus lalu. Namun, kegiatan warga sempat terhenti dan hasil penataan berantakan lagi oleh pelaksanaan proyek betonisasi jalan di kampung ini.

“Tapi warga sudah mulai bergerak lagi, gotong royong lagi. (LKBA-red) tahun lalu, Desa Mongpok juga melakukan penataan. Desa Mongpok sudah mulai menjalankan program berbenah setiap minggu. Pindah-pindah, dari kampung ke kampung,” terang Deni.

Soal keamanan kampung, Deni menyatakan, cukup terjaga. Sebelum LKBA digulirkan, warga RW 02 rutin melaksanakan kegiatan ronda malam.

“Warga tinggal melengkapi peralatan di pos ronda saja,” pungkas Deni. (rio/don)