Warga Binaan Lapas Perempuan Tangerang Mendadak Jadi Artis

Sejumlah warga binaan Lapas Kelas IIA Tangerang melakukan lomba peragaan busana, Selasa (6/8). Foto Alwan / Radar Banten

TANGERANG – Lenggak-lenggok bak artis model diperagakan puluhan warga binaan Lapas Perempuan Kelas IIA Tangerang, Selasa (6/8). Ada yang mengenakan gaun pendek selutut. Ada pula yang menggunakan gaun panjang. Bahkan, ada juga yang mengenakan kimono ala gadis Jepang.

Begitulah keseruan yang terjadi dalam lomba tata rias fantasi dan tata rias pesta malam serta peragaan busana di aula Lapas. Kegiatan itu merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun.

Sebelum dihelat fashion show, para warga binaan Lapas memermak modelnya dengan dandanan beragam. Mulai dari membubuhkan alas bedak, sampai pemasangan bulu mata badai. Tak heran, para warga binaan mendadak berubah seperti artis.

Kepala LPP Kelas I Tangerang, Herlin Candrawati mengatakan, lomba ini sekaligus jadi ajang pembuktian warga binaannya. Pasalnya, pihaknya telah menyediakan pelatihan tata rias untuk para warga binaan.

“Sebelumnya mereka ikuti pelatihan-pelatihan dan memang bukan hanya sekali. Kita sempat menggandeng Iwapi dengan La Tulipe dengan menghadirkan Mbak Lulu Faizah (instruktur tata rias-red),” katanya kepada Radar Banten, Selasa (6/8).

Ia menambahkan, pelatihan tersebut melibatkan lembaga kursus terpercaya. Pelatihan tata rias merupakan program pembinaan karakter di lapas. Tercatat, sejumlah warga binaan penerima manfaat program tersebut berkarir berkat pembekalan tata rias.

“Keahlian mereka dalam tata rias harapannya menjadi bekal saat kembali ke masyarakat. Kalau mereka menjadi tata rias sukses, kan kita juga bangga,” urainya.

Sementara, Lulu Faizah menuturkan, keahlian tata rias fantasi dan pesta malam banyak diminati masyarakat. Sementara keahlian ini, belum banyak dimiliki orang. “Saya ambil tema fantasi dan pesta glamour, karena mungkin tata rias yang lain itu biasa. Kalau karakter ini juga bisa untuk perfilman, artis itu menuju ke karakter,” jelasnya. (one/asp/sub)