Warga Cilegon Berobat Ke Gerbong Kereta Api

0
626 views

CILEGON – Untuk pertama kalinya gerbong kereta milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi tempat berlangsungnya penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis yang sasarannya ratusan warga sekitar Stasiun Kota Cilegon, Kamis (2/3).

Gerbong kereta yang telah diberi nama Rail Clinic ini memang dikhususkan melayani masyarakat yang merupakan penyaluran salah satu program CSR PT. KAI. Konon katanya, selain diperuntukan guna menyelenggarakan bakti sosial, Rail Clinic ini juga berfungsi untuk membantu penanggulangan bencana alam.

Senior Manager Humas PT.KAI Daops 1 Jakarta Suprapto mengatakan penyaluran CSR PT. KAI berupa penyuluhan kesehatan dan pengobatan gratis kepada warga dilaksanakan pada dua titik wilayah dengan waktu yang berbeda. Hari ini berlangsung di Stasiun Kota Cilegon dan kemudian akan berlangsung di Stasiun Cikampek pada 9 Maret mendatang.

“Batas wilayah kerja kerja kita itu dari Merak, Cikampek, sampai ke Sukabumi. Adapun baksi sosial ini disini dengan penyuluhan kesehatan masyarakat terutama pada anak-anak, dan pengobatan mata di SD 1 Cilegon,” ujarnya.

Dijelaskannya, Rail Clinic telah beroperasi sejak 12 Desember 2015 lalu yang dilaunching di Stasiun Pasar Senen. Secara keseluruhan PT. KAI telah memiliki sebanyak empat unit Rail Clinic, salah satu unitnya masih dalam tahap pembuatan.

“Konsep PT. KAI membuat Rail Clinic untuk baksi sosial CSRnya PT. KAI kepada masyarakat dijalur kereta api. Juga penanggulangan bencana alam terhadap titik-titik yang bisa dilalui oleh jalu rel dan tidak bisa diakses melalui jalur darat. Contohnya pada tahun 2016 Garut longsor, akses ke garut melalui jalan raya terputus. Rail Clinic ini yang kita operasikan untuk membantu,” terangnya

Diungkapkan Suprapto, beragam fasilitas umum yang tersedia di Rail Clinic yang bersangkutan dengan peralatan medis kesehatan. “Ada kamar pemeriksaan umum, ruang dokter gigi, dan laboratorium. Serta juga farmasi lainnya,” tuturnya. (Riko)