Warga Cilegon Serahkan Siamang dan Kakaktua Jambul ke BKSDA Banten

0
541 views

CILEGON – Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Banten mengamankan empat ekor hewan dilindungi dari tangan warga Kota Cilegon, Senin (16/1). Di antaranya seekor siamang dan tiga ekor burung kakaktua jambul kuning.

Penyerahterimaan hewan dilindungi dari warga kepada BKSDA Provinsi Banten ini dilakukan secara sukarela. Neng (43) warga Komplek PCI Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon ini mengaku tidak sanggup lagi merawat keempat ekor hewan tersebut lantaran kondisi suaminya yang kurang sehat.

“Biasanya suami yang ngerawat, ngasih makannya. Sudah sejak dua tahun yang lalu kita pelihara. Kita beli di Kota Pekanbaru, siamang Rp2 juta, kakatua juga Rp2 juta per ekornya,” kata Neng.

Lebih lanjut, dijelaskan Neng, sebelumnya ia tidak mengetahui keempat ekor hewan peliharaannya itu termasuk satwa yang dilindungi negara. Ia baru mengetahuinya setelah diberitahukan oleh tetangganya. Kemudian Neng mengaku segera menghubungi pihak BKSDA Provinsi Banten untuk mengamankan hewan peliharaannya itu.

“Tadinya saya ngga tahu, kalau hewan-hewan ini merupakan hewan yang dilindungi, karena ada tetangga saya yang ngasih tahu, jadi saya langsung kontek BKSDA. Agar dapat dikembalikan ke habitat asalnya,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Seksi Konservasi BKSDA Provinsi Banten Andre Girson mengatakan, masih akan terus memantau keberadaan hewan-hewan yang dilindungi, yang diduga masih menjadi hewan peliharaan masyarakat. “Keempat ekor hewan ini akan kita kirim ke pusat lembaga konservasi di wilayah Bogor. Agar kembali dilatih hidup di alam liar sebelum nantinya kembali dilepas ke habitat asalnya,” terangnya. (Riko)