Warga Dapat Cetak KTP di Mal

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyaksikan pencetakan administrasi kependudukan dari mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang baru diresmikan di Mal Teras Kota, Kecamatan Serpong, Minggu (23/2).

SERPONG – Warga Kota Tangsel makin dimudahkan dalam membuat dokumen kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil). Soalnya, sudah hadir Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Teras Kota. Kemarin (23/2), Walikota Airin Rachmi Diany meresmikannya.

Menurut Airin, ADM mampu melayani tujuh jenis pelayanan administrasi kependudukan yakni, elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP), kartu keluarga (KK), kartu indentitas anak (KIA), akta kelahiran, kematian, perkawinan dan perceraian. Airin mengatakan hadirnya ADM di mal untuk mempersingkat pelayanan yang kebanyakan warga Tangsel sekitar 50 persen banyak bekerja di Jakarta. ”Tentunya menjadi alternatif. Soalnya kalau pelayanan di kantor terbatas waktu mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Tapi, kalau di mal bisa setiap waktu hingga berakhir jam operasional mal,” singkatnya.

Dalam kesempatan tersebut, Airin melihat langsung proses verifikasi dan validasi data kependudukan. Setelah proses selesai, ADM akan melakukan proses pencetakan. Dan prosesnya hanya membutuhkan dua menit sampai tercetak.

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan ADM ini pertama di Indonesia, dan pelayanannya setiap hari kecuali Kamis. ADM menyerupai mesin pengambilan uang Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Warga bisa mendatangi ADM di Mal Teras Kota untuk melakukan registrasi, verifikasi dan validasi data kependudukan secara sendiri melalui barcode dan sidik jari pemohon. Saat ini, sambungnya, ADM baru bisa melayani 100 pencetakan e-KTP dan penerbitan KIA sebanyak 50 lembar. (you/asp)