Warga Darunnajah Terus Berbenah

PADARINCANG – Gapura dan pagar telah dibuat dan dipasang di pintu masuk dan jalan lingkungan di RT 04 RW 01, Kampung Darunnajah. Kini, warga tengah memperbaiki jalan lingkungan di beberapa titik. Serta, mengecat gapura, pagar, dan tong sampah.

Ketua RT 04 RW 01, Kampung Darunnajah, Sohani mengakui jika warganya masih terus membenahi lingkungannya. Semangat warga untuk menampilkan kampungnya layak menjuarai Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 tidak kendor. Saat ini, warga tengah melakukan perbaikan kecil pada jalan lingkungan di kampungnya. Setelah selesai, jalan akan dicat.

“Jalan lingkungan yang tidak rata juga ditambal oleh warga, agar memudahkan saat proses pengecatan,” kata Sohani kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Jumat (25/10). “Untuk awal pengecatan, kita lakukan di gapura dan tempat sampah yang sudah disiapkan,” sambungnya.

Dijelaskan Sohani, saat pengecatan dilakukan, jalan poros kampung tersebut akan ditutup sementara. Warga ingin, proses pengecatan tidak terganggu oleh lalu lalang kendaraan.

Di Darunnajah, lanjut Sohani, umbul-umbul juga telah menghiasi jalan kampung dengan populasi penduduk 40 kepala keluarga itu. “Saat ini, warga mulai pengecatan gapura, jalan, pagar, dan tempat sampah. Warga juga mulai rutin membersihkan lingkungan mereka masing-masing setiap pagi dan sore hari,” ungkapnya.

Opah Muarofah, warga Kampung Darunnajah, sangat mendukung perlombaan tentang kebersihan dan keamana lingkungan itu digelar. Ia tidak menampik jika perlombaan itu, secara perlahan telah mengubah kebiasaan warga mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungannya.

“Awalnya, warga kurang sadar menjaga kebersihan lingkungan. Kini, mulai rajin membersihkan halaman rumahnya setiap pagi dan sore,” tutur Opah. “Saya berharap, kesadaran warga akan pentingnya kebersihan lingkungan bisa terus terjaga, walaupun lomba sudah selesai,” pungkasnya. (rio/ang/don)