Warga Fokus Penataan Fisik

0
268 views

BAROS – Sebuah gapura tengah dibuat oleh warga RT 06 RW 02, Kampung Pabuaran, Desa Ssukamenak, Kecamatan Baros. Pengerjaannya disela warga membuat pagar. Ini dilakukan karena warga menganggap, pembuatan gapura lebih rumit.

“Kami ingin lebih bagus dari yang lain. Pemagaran sudah mulai dilakukan tapi belum selesai. Penataan kami masih di bawah 50 persen. Kami mengutamakan penataan fisik terlebih dulu, baru nanti dilanjutkan ke penataan yang lain,” jelas Bahari yang ditunjuk sebagai penggerak warga Kampung Pabuaran.

Kegiatan warga itu, kata Bahari, sesuai kesepakatan bersama. Warga mencapai kesepakatan setelah musyawarah untuk menentukan konsep kegiatan dan penataan kampung ini.

“Perlunya musyawarah karena ini untuk menata kampung. Awalnya, kampung ini acak adut. Bukan karena sampah, tapi lebih kepada pohon-pohon tinggi yang batangnya acak-acakan. Nanti akan kami rapikan supaya ketika warga melintas, kampung kami akan terlihat rapi,” ujar Bahari.

Ketua RT 06 Muhadi menjelaskan bahwa pemuda di kampungnya lah yang paling berperan menata kampung. “Karena rata-rata warga kami bekerja, jadi para pemuda yang banyak berperan. Kalau mereka kan bisa sampai malam, sedangka orang tua terkadang paginya sudah harus kembali bekerja,” ucapnya.

Untuk penghijauan, warga kampung ini akan membuat apotek hidup dan menanam tanaman sayur. ”Untuk penghijauan, lebih ke azas manfaat. Daripada bunga, lebih baik sayuran atau apotek hidup yang lebih bermanfaat. Bunga hanya sebagian kecil saja,” tutup Muhadi. (rio/don)