Warga Gencar Swadaya, Targetkan Best of The Best

0
378 views

ANYAR – Swadaya makin gencar dilakukan oleh warga RW 01, Kampung Jaha, Desa Sindangmandi, Kecamatan Anyar. Mereka melakukannya untuk meraih target Best of The Best di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Juara paling puncak pada lomba di tahun kedua ini.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Jumat (6/11) siang, sebagian lingkungannya sudah ditata dengan penghijauan dan pengecatan. Di bagian dalam kampung, warga sedang gotong royong memotong bambu untuk pemagaran.

Menurut Kepala Desa Sindangmandi Ibnu Akil, warga RW 01 sudah mulai gotong royong sejak bulan lalu. “Karena tahun lalu dapat juara dua (LKBA 2019-red), sekarang warga makin kompak. Swadayanya juga gencar,” katanya.

Menurut Ibnu, dampak positif LKBA tahun lalu sangat banyak dirasakan oleh warganya. Mulai dari kebersihan lingkungan yang selalu terjaga, sampai kegiatan ronda yang tak pernah libur. “Cuma untuk penataan memang mulai laginya bulan lalu,” jelasnya.

Sekarang, kata Ibnu, warga RW 01 tak perlu lagi diajak swadaya dengan cara diminta iuran per rumah. Tiap warga berinisiatif menyetorkan iuran kepada ketua RT untuk dikumpulkan guna membiayai penataan.

“Semua sudah sadar kalau LKBA ini buat kebermanfaatan bersama,” tegas Ibnu.

Ibnu mengaku, mengetahui hal itu karena setiap pekan rutin memantau progres persiapan RW 01 menghadapi LKBA. Setiap pekan pula warga mengumpulkan uang iuran.

“Karena warga kompak, kan sayanya juga jadi kebawa semangat, optimistis juara,” ungkapnya.

Sementara, Ketua RW 01 Taufik mengatakan bahwa dari hasil swadaya warganya itu, pihaknya sudah membuat pagar dari bambu sepanjang sekira 300 meter. Kemudian, membeli bibit tanaman hias untuk ditanam di pinggir jalan, pembuatan 10 tempat mencuci tangan, dan untuk konsumsi warga saat gotong royong.

“Semua warga kompak. Tahun ini, Desa Sindangmandi harus juara,” pungkas Taufik. (mg06/don)