Warga Kecamatan Jombang Dilatih Manfaatkan Limbah Rumah Tangga

0
124

CILEGON – Warga Kecamatan Jombang Kota Cilegon, khususnya Kelurahan Gedong Dalem diminta untuk kreatif memanfaatkan barang yang sudah tak terpakai agar menjadi barang bernilai ekonomis.

Kelurahan setempat hari ini menggelar program peningkatan kewirausahaan pelatihan 3 R (reduce, reuse dan recycle), di Aula Kelurahan Gedong Dalem. Sejumlah masyarakat sekitar dilibatkan dalam kegiatan ini.

Camat Jombang Agus Ariyadi berharap masyarakatnya mampu bersaing seiring kemajuan zaman dengan meningkatkan kreatifitasnya. Bukan hanya mental sebagai pelamar kerja namun juga sebagai pembuka lapangan kerja meskipun hanya bersifat usaha kecil menengah.

“Ini juga menjadi penting di karenakan kegiatan ini selain memanfaatkan barang yang tidak terpakai menjadi bernilai ekonomis, juga bisa mengurangi volume sampah yang di hasilkan dari limbah rumah tangga,” ujarnya, Selasa (19/9).

Secara teknisnya, Agus mengaku akan memberikan pembinaan melalui tenga profesional yang akan dilakukan oleh masing-masing pemerintah kelurahan di wilayahnya. “Pihak kelurahan kedepan agar bisa membuat semacam perlombaan seperti penilaian kebersihan lingkungan dan juga penilaian hasil kerajinan dari sampah dan lain sebagainya,” katanya.

Sementara itu, Lurah Gedong Dalem Alim Rahmadi menyambut baik usulan dari pihak kecamatan tersebut. Ia mengaku akan segera menindak lanjuti hasil kegiatan 3R ini. “Kita rencanakan akan membentuk kelompok di setiap RW. Dimana nantinya kelompok tersebut akan membuat kerajinan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)