SERANG – Taman Sari yang berada di lingkungan Royal, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Serang saat ini kondisinya tak terawat. Banyak warga Serang mengeluhkan keberadaan fungsi taman yang dicanangkan sebagai salah satu ruang terbuka hijau di Kota Serang tersebut.

Hingga sekarang taman yang berada di pusat keramaian belanja Kota Serang tersebut kondisinya tak terawat. Bahkan warga menyebutkan taman sering digunakan untuk mabuk-mabukan.
Pantauan Radar Banten Online, kurang lebih lahan satu hektar tersebut masih ditempati para PKL yang berjualan di sekitar taman tersebut. Hal itu membuat warga sekitar mengeluhkan dengan kondisi Taman Sari yang belum jelas fungsinya. Padahal taman tersebut menjadi penunjang warga Kota Serang sebagai wahana rekreasi warga Kota Serang.

Abdurohim(62), warga sekitar Taman Sari yang tinggal di Kampung Lepin, Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang membenarkan bahwa sekarang Taman Sari sudah tak jelas fungsinya. Banyak warga mengeluhkan kondisi Taman  Sari yang belum terawat. “Biasanya kalau malam, banyak orang yang mabuk-mabukan di sini. Entah pemuda atau orang tuanya. Ini karena taman ini fungsinya ga jelas, gak ada yang peduli dengan taman ini. Padahal kalau dirawat, tempat ini akan bermanfaat buat warga Kota Serang sebagai ruang rekreasi, tapi sekarang taman ini ga jelas fungsinya untuk apa,” ujarnya

Rohim berharap pada Pemkot Serang agar menertibkan semua warung remang-remang yang berada di sekitar Taman Sari. Sebab kondisi tersebut sangat mengganggu keindahan taman.

“Minimal inginya  seperti Alun-alun lah. Ini sudah tahunan, taman ini gini-gini aja. Jadi sangat disayangkan kalau terus dibiarkan tak terawat begini,” ujarnya saat ditemui di Taman Sari, Senin (27/3).

Senada dengan Rohim, Joni (58), warga Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang juga menyayangkan dengan kondisi Taman Sari sekarang. Ia mengeluhkan dengan Taman Sari yang semakin tak terawat.” Taman sari ini merupakan tempat yang strategis untuk rekreasi warga Serang. Tapi melihat kondisi sekarang yang tak terawat seperti lampu tamannya ga ada, fasilitas olahraga juga gak ada Lampu juga gak ada. Katanya jadi ruang terbuka hijau. Tapi sampai saat ini kondisinya malah gelap gulita kalau malam. Jadi taman ini malah digunakan hal-hal negatif. Saya harap sih pemerintah cepat tanggap agar taman ini berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang jadi idaman di Kota Serang,” keluhnya. (Ade F)