Warga Lebak Antusias Ikut Pencoblosan Ulang

0
3.698 views


LEBAK – Empat tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Lebak menggelar pemungutan suara ulang (PSU). Empat TPS tersebut, yakni TPS 9 Desa Bojongcae dan TPS 13 Pasarkeong, Kecamatan Cibadak, TPS 13 Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, dan TPS 4 Desa Sindangwangi, Kecamatan Muncang.

Pantauan Radar Banten di TPS 9 Desa Bojongcae, Kecamatan Cibadak, sejumlah pemilih antre di depan pintu masuk TPS. Mereka menunggu panggilan dari petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah mendapatkan panggilan, warga kemudian masuk ke dalam TPS dan duduk di kursi yang telah disediakan. Ketika bilik suara kosong, petugas KPPS kemudian memberikan surat suara kepada warga untuk menggunakan hak politiknya.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bojongcae, Kecamatan Cibadak, Aan Nani Sumarni menyatakan, jumlah daftar pemilih tetap di TPS 9 sebanyak 278 orang. Pada 17 April 2019 lalu, partisipasi pemilih mencapai 90 persen. Untuk itu, dia berharap partisipasi pemilih pada pencoblosan ulang kali ini tetap tinggi.

“Jumlah DPT-nya di sini sebanyak 278 orang. Alhamdulilah, pelaksanaan PSU sampai sekarang berjalan lancar dan tidak ada masalah apapun,” kata Aan Nani Sumarni, Rabu (24/4).

Dijelaskannya, sebelum dilakukan pemungutan suara ulang KPPS diberikan pemahaman agar tidak melakukan kesalahan dalam pemungutan dan penghitungan suara. Untuk surat suara PSU sendiri baru datang ke TPS pada Selasa tengah malam dari KPU Lebak.

“Kita sudah lakukan pengarahan agar tidak terjadi lagi kesalahan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Lebak Odong Hudori mengatakan, KPU telah melaksanakan rekomendasi dari panitia pengawas pemilu untuk melaksanakan PSU. Untuk itu, Bawaslu berkewajiban mengawasi jalannya pelaksanaan pencoblosan dan sejauh ini berjalan lancar.

“Partisipasi pemilih agak menurun dibandingkan dengan pemungutan suara sebelumnya,” ujarnya.(Mastur)