Warga Luwungteja Swadaya Hijaukan Pekarangan Rumah

BOJONEGARA – Pemerintah Desa Wanakarta, Kecamatan Bojonegara, punya cara sendiri untuk menghias lingkungan RW 001, Kampung Luwungteja. Warga diajak swadaya membeli tanaman dan pot bunga untuk menghijaukan pekarangan rumahnya.

Untuk itu, Sekretaris Desa Wanakarta Sayuti mengatakan, pihaknya berencana mengajak tokoh dan warga Luwungteja bermusyawarah. Siasat mempersiapkan Luwungteja menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019, menurutnya, lantaran keterbatasan anggaran di Pemerintah Desa Wanakarta.

“Suasana kampung (Luwungteja-red) bakal kita perindah dengan pot-pot bunga,” kata Sayuti kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Kamis (12/9).

Insya Allah, warga mau swadaya. Kan manfaatnya juga buat kepentingan bersama,” ungkapnya.

Sayuti yakin, cara Pemerintah Desa Wanakarta mempersiapkan Luwungteja mengikuti lomba yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten dengan total hadiah Rp900 juta itu bakal mendapat sambutan positif dari warga. Dasarnya, kekompakan warga yang saat ini bergotong royong membangun jalan sepanjang 600 meter. Jalan itu dibangun di atas tanah warga Luwungteja yang dihibahkan kepada warga. Jalan itu untuk akses menuju lahan pertanian di Luwungteja. Letaknya, di perbatasan Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

Kekompakan warga membangun jalan itu, menurut Sayuti, didukung oleh Pemerintah Desa Wanakarta dengan memberikan bantuan dana untuk pembelian material.

Sayuti mengakui, Luwungteja belum memenuhi empat persyaratan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Selain harus memiliki tempat pembuangan sampah, setiap RW juga harus memiliki sistem keamanan lingkungan (siskamling), kelompok pemuda sadar lingkungan, dan kelompok sadar hukum. “Kita baru punya siskamling,” akunya.

Ia pun berjanji akan melengkapi keempat persyaratan lomba tersebut. Pihaknya siap bersaing dengan kampung lain dalam perlombaan dengan tagline ‘Kampungku Bersih Kampungku Aman’ itu. “Pasti optimistis bisa melakukan yang terbaik. Urusan menang mah belakangan,” tegas Sayuti.

Ketua RT 02, Kampung Luwungteja, Jalaludin memastikan, warganya masih memiliki kekompakan dan siap diajak gotong royong. Ia juga akan menyosialisasikan perlombaan tersebut kepada warga.

“Semua pasti pada semangat dan ikut gotong royong,” pungkasnya. (mg06/don/ira)