Warga Mampu Penuhi Kriteria Penilaian

0
507

JAWILAN – Antusiasme warga RW 03, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 ditunjukkan. Tiga RT di tiga kampung di RW ini dibenahi. Kriteria penilaian lomba pun mampu dipenuhi.

Tim 12 Juri LKBA mengawali penilaian dengan mendatangi RT 10, Kampung Sanding. Warga menyambutnya dengan meriah. Juri mendapat kalungan karangan bunga. Kemudian, disuguhi tari Selamat Datang, dan didaulat melakukan pemotongan pita. Tanda penilaian dimulai.

Di Kampung Sanding, juri melihat hasil penataan lingkungan ini. Salah satunya, Taman Hipsan (Himpunan Pemuda Sanding) yang dibangun dengan swadaya.

Juri kembali mendapat sambutan ketika melanjutkan penilaian di RT 11, Kampung Masigit Lebak. Di sini, ada green house untuk pembibitan tanaman sayur. Warga menggunakan sistem hidroponik. Warga menamakannya akuaponik, karena instalasinya bukan menggunakan pipa paralon. Tetapi, botol-botol bekas kemasan air mineral.

Di Kampung ini, juri juga menilai bank sampah. Kerajinan sampah plastik karya ibu-ibu ikut ditampilkan.

Di lokasi penilaian terakhir, RT 12 di Kampung Masigit Pasir, juri menyempatkan berfoto bersama warga di spot selfie yang dibuat warga. Tempat ini menjadi salah satu daya tarik kampung tersebut.

“Secara umum, RW 03 sudah memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Hanya saja perlu konsistensi dari warga untuk terus meningkatkan hasil penataannya. Sebagai contoh, green house yang dibuat warga, ke depannya harus bermanfaat. Saat ini hasilnya masih belum bisa dirasakan karena memang belum lama dibuat oleh warga. Karena itu perlu konsistensi dari warga untuk terus meningkatkan penataan di kampungnya,” pesan Aas Arbi, juri perwakilan dari Radar Banten.

Dari segi keamanan, RW 03 dinilai sudah memenuhi persyaratan lomba. Begitu pula untuk ketahanan pangannya.

“Dari catatan kejadian kriminal, selama tahun ini tidak ada. Berkas administrasi seperti SK sudah dilengkapi warga. Pos ronda di RW 03 juga penempatannya, saya kira tidak asal,” tambah Aiptu Ahmad Rifai, juri perwakilan dari Polres Serang. (rio/don)