Warga Menyasar Semua Sudut RT 03 Kalak

0
700 views

WALANTAKA – Penataan tidak dilakukan di satu gang. Sudah seyogyanya, mendekorasi lingkungan untuk Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 menyasar semua lingkungan. Semua sudut dan gang.

Dan, itu akan dilakukan oleh warga RT 03 RW 01, Lingkungan Kalak, Kelurahan Lebakwangi, Kecamatan Walantaka. “Kami sedikit berbeda dengan (RT-red) yang lain. Kan ada (RT-red) yang penataannya hanya di satu blok saja. Penataan kami  tidak hanya dilakukan di satu blok, tapi semua lingkungan kami akan ditata. Kalau untuk ruang terbuka hijau, kami kayaknya bukan taman, tapi area perkebunan. Lahannya kurang lebih satu hektare. Untuk tanaman tergantung musim. Sekarang lagi nanam ubi dan singkong,” tutur Purna Wijaya, Ketua RT 03, Kamis (4/6).

Purna Wijaya menuturkan, untuk penjurian tahap kedua, Agustus nanti, warganya sudah mulai mempersiapkan lingkungannya. Penghijauan, di antaranya, dengan menanam tanaman untuk apotek hidup dan tanaman sayur.

“Selain itu, kami juga akan membangun gapura dan menyelesaikan pemagaran yang belum selesai,” jelasnya.

Menurut Purna Wijaya, gotong royong menata lingkungan masih disesuaikan kondisi warganya. Di tengah pandemi  corona, warga RT 03 bergotong royong ketika tidak sibuk kerja. Artinya, waktu gotong royong tidak bisa ditentukan.

“Penghijauan juga akan menggunakan pot-pot, sudah dipersiapkan sama warga. Sekarang, ibu-ibu yang melakukan penghijauan. Bapak-bapaknya fokus membangun pagar dan gapura. Kami juga akan bikin umbul-umbul supaya lebih meriah,” tutup Purna Wijaya.

Ketua Pemuda RT 03 Rahmatullah menambahkan, gotong royong diikuti oleh semua warga. Pelaksanaannya sudah dilakukan jauh hari sebelum penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei lalu.

“Setelah acara (launching LRLA Kota Serang pada Februari 2020-red) di Alun-alun (Kota Serang-red) itu, kami langsung mulai penataan. Tujuannya agar semakin ke sini, penataanya semakin ringan. Warga, semua turun membantu ketika mereka ada di rumah,” jelasnya. (rio/don)