Perlintasan kereta api Tegal Cabe, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

CILEGON – Jalur keluar yang melewati perlintasan kereta api Tegal Cabe, Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, perlu dibuka. Jalan yang telah rampung dibeton itu belum bisa dilintasi pengguna jalan yang hendak menuju pusat Kota Cilegon karena masih dihalangi oleh baja bantalan rel kereta.

Ade Santani, penjaga perlintasan kereta api Tegal Cabe, menjelaskan, hanya satu jalur yang dibuka menyebabkan kemacetan panjang saat kereta api melintas, khususnya di jam sibuk. “Jam sibuk itu kalau sore jam 16.00 kalau pagi dari jak 06.00 sampai jam 08.00,” kata Ade, Jumat (10/1).

Menurut Ade dalam satu hari ada 27 kereta, baik kereta angkutan penumpang maupun angkutan barang yang melintas di jalur itu. “Apalagi ada yang keluar dari mal (Supermall-red) juga, jadi tiga arah numpuk di satu titik,” ujarnya.

Menurut sejumlah warga, jalan itu sudah lebih dari satu tahun selesai dibangun namun belum boleh dilintasi. Padahal kondosi jalan yang saat ini aktif digunakan lebih kecil. (Bayu Mulyana)