Warga Mulai Kejar Ketertinggalan

WALANTAKA – Belajar dari kesalahan. Kini, warga RT 07 RW 02, Lingkungan Jami, Kelurahan Kalodran, Kecamatan Walantaka, mulai bergerak. Mereka berusaha mengejar ketertinggalannya dari RT lain pada penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. 

Pada penilaian tahap pertama oleh Tim 7 Juri LRLA, RT 07 sama sekali belum berbenah. Tim juri mudah menemukan sampah plastik berserakan di perkampungan ini. Rumput dan tanaman liar tumbuh di pinggir jalan. Selokannya pun tidak lancer mengalirkan air dan bau.

Lingkungan yang terkesan kumuh saat tim juri datang untuk menilai itu, diakui Ketua 07 Humaedi, membuat warganya malu. Warga pun tidak mau mengulangi kesalahannya. “Makanya, sekarang kita kejar ketertinggalan, supaya penilaian tahap kedua nanti sudah bagus,” tandasnya kepada Radar Banten, Minggu (17/5).

Humaedi menjelaskan, warganya mulai bergotong royong. Warga membenahi lingkungannya sesuai arahan tim juri. Yakni, membersihkan lingkungan dari sampah, memasang pagar, melakukan penghijauan, dan memperbanyak tanaman bunga. “Hari ini (kemarin-red), kita baru bisa melakukan bersih-bersih lingkungan dan motongin bambu untuk pagar dulu,” jelasnya.

Humaedi bersama bapak-bapak RT 07 menyiapkan bamboo untuk memagari jalan. Ibu-ibunya membersihkan lingkungan dan menyiapkan tanaman untuk penghijauan serta tanaman bunga.

Setelah tugas bapak-bapak dan ibu-ibu RT ini rampung, dekorasi lingkungan ditugaskan kepada para pemuda. Tahap awal, terang Humaedi, para pemuda akan mengecat pagar bamboo. Kemudian, menghias jalan dengan lukisan cat. “Kami enggak terlalu buru-buru sih. Minimal, Lebaran sudah bersih dulu,” ujarnya.

Ine Setianingsih, anggota kelompok pemuda sadar hukum, mengaku tengah mengurus legalitas kelompoknya dan kelompok penggerak lingkungan RT 07. Ia berharap, Lurah Kalodran bisa Ine juga berharap, semangat warga RT 07 tidak kendor dan terus termotivasi menata lingkungan tempat tinggal mereka. “Kedatangam tim juri benar-benar bikin kami terpacu untuk membenahi lingkungan,” akunya. (mg06/don)