Warga Padati Disdukcapil Setelah Libur Panjang Lebaran

0
993 views

RANGKASBITUNG – Usai libur pasca hari raya Idul Fitri 1348 H, Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak yang berada tepat di pusat kota ini dipadati warga yang akan mengurus e-KTP, Kartu Keluarga (KK) dan akta kelahiran.

Warga datang dari berbagai wilayah di Kabupaten Lebak untuk mengurus dan membuat e-KTP. Revo warga Bujanglapa, Kecamatan Cimarga, rela mengantre dari jam 5 pagi, dia masih belum dipanggil untuk pengambilan e-KTP nya yang baru. “Saya dari jam 5 pagi mengantre menunggu panggilan sampai saat ini masih belum ada,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Data Ahmad Nur menyatakan, bahwa setelah libur panjang hari raya Idul Fitri memang selalu padat oleh warga yang mengurus e-KTP. Pembuatan e-KTP dari hari Senin (3/7) sampai sekarang mencapai 1.500 e-KTP. Pelayanan normal seperti hari biasa, namun sekarang pembuatannya lebih cepat hanya memakan waktu 2 hari saja, dibandingkan bulan-bulan yang lalu yang sampai berminggu-minggu.

“Setelah libur panjang hari raya Idul Fitri memang selalu padat oleh warga yang mengurus dan membuat e-KTP, Kartu Keluarga (KK), dan akta Kelahiran,” tambah Ahmad.

Dari 40 ribu blangko, sekarang sisa 16 ribu blangko, sedangkan yang siap dicetak sampai 30 ribu lebih e-KTP. “Terkait masalah itu kita sudah konfirmasikan kepada pihak yang bertanggung jawab, selain itu penumpukan diperparah bila jaringan sedang mengalami gangguan. Saking banyaknya warga yang membuat e-KTP kita kekurangan blangko,” tambahnya. (Rahmatullah/twokhe@gmail.com)