Warga Peduli, RW 04 Pagedangan Tak Lagi Kumuh

0
396 views

PABUARAN – Kini, RW 04, Kampung Pagedangan, Desa Tanjungsari, Kecamatan Pabuaran, tak lagi kumuh. Kampung ini menjadi bersih. Banyak tanaman bunga di pekarangan rumah warganya.

Seperti RW 02, Kampung Karag, Desa Tanjungsari, yang dikonsep sebagai kampung Pancasila, jalan dan pagar yang dipasang warga di RW 04 juga dicat warna merah dan putih.

Ketua RW 04 Pepe mengakui jika sampah menjadi permasalahan utama di kampungnya. Sampah rumah tangga dari warga tidak terurus sebelum mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

”Warga banyak yang buang sampah sembarangan, tapi sekarang mah sudah bebas dari kumuh,” tegas Pepe kepada Radar Banten pada Sabtu (3/10).

Tantangan mengajak warga untuk gotong royong, diakuinya, bukan perkara mudah. Soalnya, warga yang sibuk bekerja dan belum terbiasa bergotong royong setiap pekan, membuat Pepe sulit untuk menggerakkan warga. “Buang sampah juga masih sembarangan,” ungkapnya.

Namun, saat Pemerintah Desa Tanjungsari menyosialisasikan LKBA kepada warga, apalagi Kepala Desa Tanjungsari Zaenal Arifin berjanji menambah hadiah untuk RW yang juara, warga pun termotivasi. ”Sekarang mah gotong royong dijadwal setiap Jumat pagi,” jelasnya.

Kepala Desa Tanjungsari Zaenal Arifin mengaku mendapat banyak manfaat dari LKBA. Ia merasakan kepedulian warga terhadap lingkungannya mulai tumbuh.

”Sekarang udah enggak ada lagi warga yang buang sampah sembarangan,” tukasnya. (mg06/don)