Warga Perbaiki Jembatan Ambrol di Desa Sukaratu

0
699 views
Aparat TNI dibantu warga bergotong royong memperbaiki jembatan penghubung dua kampung menggunakan bambu di Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Selasa (27/5).

CIKEUSAL – Jembatan akses jalan Kampung Cihui dan Kampung Pasar Menyan menuju Wisata Taman Ratu, Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal yang ambrol diterjang banjir pada Selasa (19/5), diperbaiki warga. Jembatan dibangun sementara menggunakan bambu.

Diberitakan sebelumnya, jembatan penghubung dua kampung itu ambrol akibat diterjang air Sungai Cicongkok yang meluap saat hujan lebat di Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal sekira pukul 16.00 WIB. Kondisi itu menyebabkan akses jalan dua kampung terputus. Jambatan sudah tidak bisa dilewati pengendara maupun pejalan kaki. Untuk menghindari kecelakaan, jembatan diblokir aparatur Desa Sukaratu dan warga. Dua hari kemudian, Pemerintah Desa Sukaratu bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Cikeusal, Sertu Denny Rahmatullah mengajak warga bergotong royong memperbaiki jembatan.

“Kita perbaiki jembatan dengan alat manual dan bahan dasar bambu,” ujar Denny kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Selasa (27/5).

Ditegaskan Denny, perbaikan jembatan merupakan hasil swadaya warga menyumbang batang-batang bambu dari kebun. Sedangkan bahan material lain, seperti paku, kawat galvanis, dan besi merupakan bantuan dari Kepala Desa Sukaratu.        

Alhamdulillah, sekarang jembatan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukaratu, Irman Supriatman menambahkan, upaya perbaikan jembatan menggunakan bambu hanya bersifat sementara agar bisa dilintasi warga dan pengendara. Rencananya, lanjut Irman, pihaknya dalam waktu dekat akan bekerja sama dengan Koramil dan Polsek Cikeusal melibatkan warga untuk mengadakan karya bakti pembuatan jembatan semi permanen.

“Supaya aksesnya bisa dilalui kendaraan,” terangnya. (mg06/zai)