Warga Pergoki Pembobol Kotak Amal

0
1.710 views
Pelaku berpura-pura kesurupan dengan tidur terlentang di teras rumah warga. Sebelumnya, pelaku dipergoki warga tengah membobol kotak amal Masjid Al-Mustaqim, Jalan Gapura Menteng, Pondok Aren, Kota Tangsel, Sabtu (2/1).

PONDOK AREN – Sosok pembobol kotak amal Masjid Al-Mustaqim, Jalan Gapura Menteng, Jurang Mangu Barat, Pondok Aren, Kota Tangsel, terungkap. Sabtu (2/1), warga berhasil memergoki pelaku yang tengah membobol kotak amal.

“Warga dan pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM-red) menunggu di luar sambil mengepung akses pintu keluar. Setelah sempat bersembunyi, pria yang mengenakan pakaian hijau dan celana hitam ini ditangkap,” kata Bendahara DKM Masjid Al-Mustaqim Karwadi kepada wartawan, Sabtu (2/1).

Usai ditangkap, pelaku memilih bungkam. Dia menolak menyebutkan identitasnya dan tidak membawa kartu identitas. Namun, dia mengaku telah dua kali membobol kotak amal tersebut.

Namun, warga tidak percaya. Sebab, wajah dan postur tubuh pelaku beberapa kali tertangkap Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas membobol kotak amal masjid.

“Ternyata pelaku ini, jaket yang dari awal itu beda namun, saya penasaran, jaket saya suruh lepas, ternyata jaket dilepas, pakaian baju yang dipakai dulu sampai sekarang tetap sama,” ungkapnya.

Pelaku oleh warga kemudian diamankan ke rumah Ketua RT setempat.  “Lah sudah ketahuan gitu, saya penasaran, saya ajak ke rumah ketua lingkungan. Pelakunya mengaku dua kali perbuatan,” jelasnya.

Warga menemukan sejumlah barang pada tas yang dibawa pelaku. Di antaranya, kawat berbagai ukuran yang diduga digunakan membuka gembok kotak amal. “Yang dibawa di rumah Pak RT, dibuka itu banyak, seperti sabun mandi, kawat, dan HP. Tapi, pelaku tidak mengakui itu untuk membongkar kunci atau gimana. Tapi, yang dibawa pelaku ada tiga macam kawat,” ungkapnya.

Usai mengakui perbuatannya, pelaku berpura-pura kesurupan untuk menipu warga. Pelaku terlentang sembari membuka mulut dan melotot. “Itu mah pura-pura kesurupan saja itu,” timpal Tono, warga setempat.

Warga sempat menyabeti tubuh pelaku menggunakan sapu lidi untuk menyadarkannya.

Namun, pelaku tetap berpura-pura kesurupan. Tak lama, polisi datang dan menggelandangnya ke Mapolsek Pondok Aren. (rbnn/nda)