Warga PGT Mulai Bangun Poskamling

0
903 views

TAKTAKAN – Warga Lingkungan Pasir Gadung Tengah (PGT), RT 11 RW 06, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, telah mengawali kegiatan penataan lingkungannya. Mereka mulai membangun poskamling.

Ketua RW 06, Kelurahan Cilowong, Sarikam menuturkan, pembangunan poskamling  itu setelah pengurus lingkungan mendapat amanat dari Lurah Cilowong Bakhtiar untuk ikut Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Sarikam pun langsung menyosialisasikan program Pemkot Serang yang digulirkan bersama Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang itu kepada warga. “Alhamdulillah, warga sih antusias,” katanya kepada Radar Banten, Senin (16/3).

Warga PGT, lanjut Sarikam, juga akan membersihkan saluran pembuangan air dan membuat pagar bambu agar jalan di PGT lebih rapi. Gotong royong warga ini akan dimulai pada Jumat (20/3) pekan ini. “Insya Allah, kita targetkan dua pekan lagi sudah mulai terlihat hasilnya,” ujar Sarikam.

Mayoritas warga PGT menjadi pengumpul sampah plastik PE dan plastik bekas kemasan minuman. Setiap hari, warga menyortir sampah nonorganik tersebut di depan rumah masing-masing sebelum dijual ke pengepul. Sampah bekas kemasan minuman dijual Rp15 ribu per kilogram, sedangkan plastik PE dijual Rp18 ribu per kilogram.

Menurut Sarikam, warga PGT sudah lama melakukan penyortiran sampah. Warga melakukannya karena sebagaian besar warga PGT bekerja sebagai sopir truk pengangkut sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong. “Jadi, warga kami sudah biasa menangani soal persampahan,” ungkapnya.

Sementara, Lurah Cilowong Bakhtiar mengaku akan terus memantau perkembangan penataan lingkungan di PGT. Alasannya memilih PGT untuk mengikuti LRLA, karena lokasinya di dataran tinggi dan memiliki sistem penyortiran sampah yang baik. “Rencananya, kita akan buat bank sampah dan melakukan penghijauan,” pungkasnya. (mg06/don)