Warga Priuk Soalkan Penghentian Usaha Parkir

0
896 views

CILEGON – Warga Lingkungan Priuk, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Jombang mempersoalkan dihentikannya usaha parkir di atas lahan kosong milik salah satu BUMD Kota Cilegon yakni Bank Perkreditan Rakyat Syariah Cilegon Mandiri (BPRS CM). Penghentian usaha parkir itu dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon.

Usaha parkir yang lokasinya berdekatan dengan Cilegon Center Mall itu (CCM) tersebut sebelumnya telah berjalan hampir satu tahun. Dikelola secara swadaya oleh pemuda sekitar, dengan mendapat persetujuan dari RT/RW serta BPRS CM selaku pemilik lahan.

“Kalau penutupan ini alasannya retribusi, ya akan kami urus. Kami tempuh karena ini kepentingan bersama untuk warga, khususnya pemuda yang sedang menganggur,” kata salah satu tokoh pemuda Lingkungan Priuk, Aab Bustomi, Jumat (5/6).

Ditambahkan Eli Suheli, yang juga warga Lingkungan Priuk, kisruh lahan parkir lebih mencuat setelah datangnya tiga orang yang bukan warga sekitar mengaku-mengaku hendak mengelola lahan parkir tersebut. Tiga orang tersebut mengatasnamakan dari salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Padahal dari awal kita yang memohon ke BPRS untuk memanfaatkan lahan kosong itu menjadi tempat parkir,” jelas Eli.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon, Uteng Dedi Apendi membenarkan upaya penutupan parkiran tersebut atas perintahnya. Dengan dasar untuk penertiban lahan parkiran dalam upaya memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cilegon dari retribusi parkir.

“Ini nih penyakit masyarakat, kalau tidak ditertibkan gak mau ngurus perizinan. Baru ketika kita tunjuk pihak ke tiga ramenya ke mana-mana. Kalau tidak begini mereka tidak mau bayar retribusi,” kata Uteng.

Kepada warga Lingkungan Priuk, Uteng memberi waktu agar lekas mengurus perizinan. Syaratnya mendapatkan rekomendasi dari ketua RT/RT, Kelurahan, dan tokoh masyarakat setempat. “Senin kita tunggu, siapa yang lebih cepat bawa persyaratan tersebut, itu yang kita beri izin,” tegas Uteng. (Rbs)