Warga RT 01 Asemgede PD dengan Mural dan Penghijauan

0
801 views

SERANG – Kepercayaan diri warga RT 01 RW 09, Lingkungan Asemgede, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Serang, semakin besar. Kampung mereka telah dipenuhi mural dan penghijauan. Mereka yakin bisa bersaing dengan RT lain di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Kampung padat penduduk ini memang tampak berwarna. Di jalan gang RT 01, setelah gapura menuju permukiman warga, tembok di kanan dan kiri jalan dihiasi bermacam mural.

Di pekarangan rumah warganya pun terdapat tanaman hijau. Perkampungan ini semakin tampak asri.

Ketua RT 01 Juandi mengatakan, sejak penilaian tahap pertama, warga sepakat untuk memfokuskan kegiatannya dengan membuat mural, membersihkan lingkungan, dan penghijauan. Warga ingin, kampungnya lebih hijau dan indah.

“Kita cukup percaya diri (PD-red). Bisa dilihat, semua hasil kerja keras pemuda,” kata Juandi kepada Radar Banten, Senin (17/8).

Penataan lingkungan RT 01, menurutnya, tak hanya mengandalkan dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta. Warga RT 01 juga berswadaya. Menggalang iuran warga.

Biasanya, setiap akhir pekan sebelum gotong royong, warga mengumpulkan uang untuk membeli cat dan keperluan lain. ”Swadaya seadanya, tapi hasilnya kerasa,” ungkap Juandi.

Namun, Juandi mengakui kekurangan RT-nya. Pengurus RT belum mengurus kelengkapan administrasi pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum di Pemerintah Kelurahan Cimuncang.

”Karena baru beres bikin pos ronda. Nanti, secepatnya kita urus SK (surat keputusan Lurah Cimuncang tentang kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum-red)-nya,” ujarnya.

Ketua RW 09 Lili Haeriyah menambahkan, ada dua RT di wilayahnya yang ikut LRLA. Yakni, RT 01 dan RT 02.

Warga kedua RT tersebut, lanjut Lili, sangat antusias sejak awal LRLA dimulai. ”Warga pada kompak dan semangat. LRLA memang bikin perubahan. Semoga kita juara,” harapnya. (mg06/don)