Warga RT 01 Cilaku Bangun Pos Ronda

0
1.026 views

CIPOCOKJAYA – Warga RT 01 RW 02, Lingkungan Cilaku, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, membangun pos ronda. Fasilitas penunjang kegiatan warga mengamankan kampungnya ini mulai dilengkapi.

Sebelumnya, kampung ini belum memiliki pos ronda. Namun, kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT 01, diakui, tetap berjalan. Warga memanfaatkan kediaman Ketua RT 02 Kanap sebagai tempat berkumpul warga saat ronda malam.

”Berkat LRLA (Lomba Resik Lan Aman-red), sekarang kita bangun pos ronda,” kata Kanap kepada Radar Banten, Selasa (4/8).

Dijelaskan Kanap, pembangunan pos ronda ini merupakan hasil swadaya warganya. Dari pembelian bahan dasar berupa balok kayu, bambu, hingga paku, mengandalkan iuran seikhlasnya dari warga.

“Ada juga yang nyumbang bambu atau sekadar kopi dan rokok,” jelas Kanap.

Setelah pos ronda selesai dibangun, Kanap mengaku, akan segera melengkapi peralatan keamanannya. ”Kita juga bakal bentuk kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan,” terangnya.

Lokasi pembangunan pos ronda RT 01 berada di bagian perkampungan ini. Pertimbangannya, warga bisa mudah memantaur jika ada warga luar kampung yang datang. ”Alhamdulillah, di kampung kami mah aman, tapi harus tetap waspada,” tandas Kanap.

Dengan pembangunan pos ronda di RT 01, Lurah Banjarsari Roni Rohimat berharap, warga semakin semangat menjalankan kegiatan siskamling. ”Karena keamanan bukan cuma tugas aparat kepolisian dan TNI, tapi juga masyarakat,” ujarnya. (mg06/don)