Warga RT 01 Cipeucang Siapkan Ratusan Bibit Sayur

0
668 views

CURUG – Penghijauan dimaksimalkan. Ratusan bibit tanaman jenis sayur tengah disiapkan. Warga RT 01 RW 02, Lingkungan Cipeucang, Kelurahan/Kecamatan Curug, melakukannya untuk mendapatkan poin tinggi di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ibu-ibu gotong royong menyiapkan ratusan bibit tanaman jenis sayur seperti cabai, terong, dan tomat. Bibit tanaman ini akan disemai selama satu pekan sebelum dipindahkan ke pot tanaman.

Ketua RT 01 Bahrudin mengatakan, pembibitan sengaja dilakukan saat ini agar ketika penilaian LRLA tahap kedua, Agustus mendatang, tanaman sudah tumbuh dan berbuah.

“Kita siapkan dari sekarang 850 lebih bibit,” kata Bahrudin kepada Radar Banten, Selasa (16/6).

Rencananya, tanaman sayur itu akan dipasang di sepanjang jalan. Juga akan ditempatkan di depan rumah warga.

Pemilihan tanaman jenis sayur tidak hanya untuk penghijauan. Tetapi, menurut Bahrudin, juga untuk menjaga ketahanan pangan warganya menghadapi pandemi Covid-19. “Supaya enggak beli sayuran ke warung lagi. Lebih hemat, tinggal metik,” ujarnya.

Ketika ibu-ibu menyiapkan bibit tanaman, pemuda dan bapak-bapak RT ini sibuk memotong bambu untuk pembuatan pagar sepanjang 400 meter. Pagar akan dicat warna-warni supaya lingkungan jadi rapi dan berwarna. “Kita targetkan semua selesai sebelum penilaian tahap kedua,” jelas Bahrudin.

Sejak ada LRLA, ia mengaku, mengaktifkan kembali kegiatan Jumat bersih. Semua warga diajak gotong royong membersihkan lingkungan dari sampah. Kemudian, hari Sabtu dan Minggu, kerja bakti dilanjutkan untuk menata lingkungan.

“Kita juga sudah mengurus SK (surat keputusan-red) kelompok sadar hukum dan sadar lingkungan di kelurahan,” terangnya.

Lurah Curug Suadah mengaku bangga pada kekompakan warga RT 01. Selain memanfaatkan anggaran dari Pemerintah Kota Serang, warga juga iuran untuk menataan lingkungannya menuju penilaian tahap kedua. “Semoga warga RT 01 dapat juara,” harapnya. (mg06/don)