Warga RT 01 Cori Gas Pol

0
556 views

TAKTAKAN – Siang dan malam hari. Ya, penataan lingkungan di RT 01 RW 04, Lingkungan Cori, Kelurahan/Kecamatan Taktakan, tak pernah berhenti. Warga mengebut menuju penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, Agustus mendatang.

Pada penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei, penataan RT ini sebenarnya sudah dilakukan. Namun, belum maksimal. Warga baru melakukan pemagaran dan menghias gapura. Penghijauan dan pos ronda belum ada.

Ketua RT 01 Sobli menjelaskan bahwa kegiatan warga bergotong royong dilakukan setiap hari. Pagi hingga siang hari, dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka membersihkan lingkungan. Malam hari, giliran pemuda dan bapak-pagar memasang pagar dan pengecatan.

“Kalau Sabtu-Minggu, biasanya semua kumpul dari sore sampai malam,” katanya kepada Radar Banten, Sabtu (13/6).

Saat ini, kata Sobli, warga sedang membuat pos ronda. Pembuatannya masih tahap awal, yakni fondasi. Pos ronda di RT ini akan dibuat dari kayu dan bambu. “Kita targetkan, pekan depan, selesai,” ujarnya.

Setelah pembangunan pos ronda rampung, warga akan melengkapi alat keamanannya. Proses penerbitan surat keputusan (SK) Lurah Taktakan tentang pembantukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda peduli lingkungan di RT 01 juga akan diurus.

Setelah itu baru, warga baru akan melakukan penghijauan dengan memasang pot-pot bunga di pekarangan rumah dan pinggir jalan. “Kita bakal usahakan maksimal penataannya,” terang Sobli.

Lurah Taktakan Erlinawati memastikan, kegiatan gotong royong warga dalam rangka persiapan penilaian tahap dua LRLA akan terus berlangsung sampai semua penataan selesai. “Kita targetkan selesai Juli,” tegasnya.

Setelah semua penataan lingkungan enam RT di wilayah Kelurahan Taktakan yang ikut LRLA selesai, Erlinawati akan mengumpulkan semua pengurus RT yang ikut lomba untuk membicarakan acara penyambutan juri saat penilaian tahap dua. “Semoga Covid segera pergi. Supaya bisa mengumpulkan banyak warga,” harapnya. (mg06/don)