Warga RT 01 Sukajadi Berkreasi di Gang Sempit

0
652 views

SERANG – Warga RT 01 RW 11, Lingkungan Sukajadi, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, mampu berkreasi di gang sempit di kampungnya. Tembok-tembok rumah diwarnai dan digambar. Kebersihan kampung padat penduduk ini juga tak luput dari perhatian warga.

Memasuki jalan gang sempit di RT 01, bak berjalan di lorong yang indah. Di gang-gang, warga telah menghiasnya dengan mural. Pot-pot tanaman hijau pun mudah ditemukan. Perkampungan ini semarak warna-warni.

Ketua Pemuda RT 01 Maryono mengatakan, kampungnya yang banyak gang sempit tak membuat warga kesulitan mempersiapkan penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Meski banyak kendala dan rencana yang tak bisa dilakukan, seperti membuat taman bermain anak karena butuh lahan cukup besar, tapi warga tetap bisa berkreasi.

“Enggak mesti taman, dengan mewarnai tembok rumah di gang-gang juga bisa berkreasi dan bagus,” kata Maryono kepada Radar Banten, Senin (3/8).

Dekorasi kampung ini dengan pengecatan dilakukan oleh pemuda. Ini dilakukan setelah penilaian tahap pertama rampung.

Saat menghadapi penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020, warga RT 01 masih bingung menata kampungnya. Waktu itu, warga hanya membersihkan lingkungan dari sampah dan melakukan penghijauan.

”Terus kita dikasih saran sama tim juri buat bikin pengecatan kayak gini,” kata Maryono.

Proses pengecatan dilakukan bertahap selama sebulan. Pemuda dibantu bapak-bapak, mengerjakannya pada malam hari. Pagi harinya, giliran ibu-ibu membersihkan lingkungan dan merawat tanaman.

”Rencananya kita juga mau bikin tanaman hidroponik,” ungkap Maryono.

Sementara, Sekretaris Kelurahan Kagungan Mulyono mengaku terus memantau perkembangan warga menghadapi lomba kampung bersih dan aman tersebut. Jika dinilai masih ada yang kurang, ia akan berkoordinasi dengan ketua RT 01 atau ketua pemuda untuk membenahinya.

”Pokoknya, setiap pekan kita rutin monitoring,” ujar Mulyono.

Ia berharap, di sisa waktu yang singkat menuju penilaian tahap kedua, warga RT 01 mampu melengkapi kekurangan dan menyelesaikan pembuatan tanaman hidroponik. ”Semoga, juri puas dan memberikan poin bagus,” harapnya. (mg06/don)