Warga RT 01 Umbulkapuk Semakin Gencar Bergotong Royong

0
877 views

TAKTAKAN – Penilaian tahap dua Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 kian dekat. Warga RT 01 RW 01, Lingkungan Umbulkapuk, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan, pun semakin gencar bergotong royong. Penataan lingkungan ini ditargetkan rampung pada akhir Juli 2020.

Menurut Ketua RT 01 Sarim, sejak kedatangan tim juri LRLA pada penilaian tahap pertama, periode 4-15 Mei 2020, warganya semakin bersemangat merapikan lingkungan. “Gotong royongnya makin gencar. Resep (senang-red) saya jadinya,” ungkapnya kepada Radar Banten, Jumat (19/6).

Semangat warga RT 01 tergambar pada kegiatan Jumat bersih, kemarin. Mereka, tua-muda, berkumpul sambil membawa peralatan kebersihan masing-masing. Ada mesin pemotong rumput milik bersama, palu, cangkul, golok, dan sekop. Mereka membersihkan jalan sepanjang 200 meter yang tak terurus. Rumput dan tanaman liar yang menutupi selokan dibersihkan.

“Dulu, juri juga minta (selokan-red) dibersihin biar keliatan terang,” kata Sarim.

Kekurangan RT 01 lainnya, yakni alat keamanan pos ronda, sedang tahap dilengkapi. Legalitas pembentukan kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum pun tengah diurus di kelurahan.

“Kita bakal bikin gambar tokoh kartun dan kalimat PHBS (pola hidup bersih dan sehat-red) di jalan sini,” jelas Sarim.

Lurah Panggungjati H Jaenuri menilai, LRLA memberi dampak positif bagi warganya. Selain gotong royong, keamanan kampung juga terkontrol karena setiap malam, pasti ada warga yang meronda.

“Sedang masa krisis corona begini, bisa jadi kriminalitas meningkat. Tapi saya bisa tenang karena warga rajin ronda,” ujarnya.

Jaenuri tidak terlalu ambisius mengejar target juara. Baginya, dengan kesadaran warga akan kebersihan dan lingkungan yang terbangun, sudah menjadi kebanggaan tersendiri.

“Yang penting itu kekompakan dan semangatnya, hasil mah urusan lain,” pungkas Jaenuri. (mg06/don)