Warga RT 02 Cilaku Mengolah Barang Bekas Jadi Hiasan

0
837 views

CIPOCOK JAYA – Keterbatasan anggaran bukan akhir dari penataan lingkungan. Dalam kondisi ini, warga dituntut kreatif dan inovatif. Dan itu dilakukan oleh warga RT 02 RW 01, Lingkungan Cilaku, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya. Mereka membuat hiasan dari barang-barang bekas.

Warga mengolah ban bekas dan sampah kemasan minuman untuk hiasan di taman bermain anak di RT 02. “Karena anggaran minim, jadi kita manfaatkan apa yang ada,” kata Ketua RT 02 Kanap kepada Radar Banten, Kamis (16/7).

Ia menjelaskan, dana stimulan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Serang sebesar Rp5 juta sudah habis untuk penghijauan dan merenovasi pos ronda RT-nya. Namun, penataan masih dinilai kurang oleh juri saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. “Kita dikasih masukan agar hasil kreativitas warga ditingkatkan,” jelas Kanap.

Makanya, Kanap mengajak warga untuk swadaya. Warga diminta iuran seikhlasnya untuk membeli ban bekas. Ban-ban ini akan dibuat pot tanaman dan dicat warna-warni di lokasi yang akan dijadikan taman bermain anak.

“Kalau botol bekas mah kita kumpulkan sendiri. Bekas minum tuh enggak dibuang,” tegas Kanap.

Botol bekas kemasan minuman itu dijadikan pot tanaman gantung. Kemudian, dicat warna-warni. Perlakuan yang sama juga dilakukan warga terhadap toples plastik bekas.

Pengecatan dilakukan oleh ibu-ibu dan anak-anak RT 02. Pemasangannya, akan dilakukan oleh pemuda.

“Alhamdulillah, semuanya terlibat dan kompak,” ungkap Kanap.

Lurah Banjarsari Roni Rohimat mengapresiasi dan mendukung kerja keras warganya dalam menata kampung. Ia mengaku, keenam RT yang ikut LRLA sudah mengurus pengesahan pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan di RT masing-masing.

“Kita bakal kasih hasil (penataan lingkungan tiap RT-red) terbaik saat penilaian tahap kedua nanti,” ujar Roni. (mg06/don)