Warga RT 02 Utamakan Penghijauan

0
74

CIPOCOK JAYA – Penghijauan diusung warga RT 02 RW 02, Lingkungan Jeranak, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya. Konsep penataan lingkungan ini dinilai paling tepat. Alasannya, RT ini berada di perlintasan jalan provinsi.

“Lingkungan kami terbelah oleh jalan raya provinsi. Otomatis, polusi udara tidak bisa terelakkan karena lalu lintas kendaraan sangat padat. Nah, dengan penghijaun, udara di lingkungan kami tetap terjaga,” kata Ketua RT 02 Samsuri kepada Radar Banten, Jumat (17/4) pekan kemarin.

Saat ini, warga RT 02 tengah menyemai bermacam bibit tanaman. “Sebagian kan sudah punya tanaman di sekitar halaman rumahnya, tinggal penataan. Kita juga menambah dengan beragam tanaman lainnya, seperti sayuran dan tanaman untuk apotek hidup. Intinya, kami ingin membuat RT 02 menjadi asri,” imbuh Samsuri.

Soal usaha warga membuat RT 02 menjadi indah dan enak dipandang, Samsuri mengaku, punya beberapa rencana kegiatan untuk mengubah wajah kampungnya. Namun, tertunda karena wabah corona. “Sementara baru selesai membuat pagar, gapura, dan pos ronda. Masih ada sebagian pagar yang belum dicat. Kita tunggu corona pergi dulu,” ujarnya.

Keamanan lingkungan tidak ditinggalkan pengurus dan warga RT ini. Termasuk pemenuhan semua kategori Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. “Kami intens berkomunikasi dengan bhabinkamtibmas dan babinsa untuk membentuk kelompok sadar hukum. Kemudian, kegiatan ronda juga sudah aktif lagi. Tinggal melengkapi fasilitasnya. Seperti borgol, kentongan, dan jadwal ronda,” tutup Sanusi.

Jawari, warga RT 02, mengaku secara sukarela ikut bergotong royong menata lingkungannya. Ia berharap, RT-nya meraih hasil yang terbaik pada LRLA. “Kita kompak. Ini kan bukan untuk siapa-siapa. Untuk warga sini juga. Indah, asri, bersih kan yang menikmati warga kita juga. Menang-kalah, urusan nanti lah,” katanya. (dre/don)