Warga RT 03 Kemanisan Umbul Bertekad Bikin Juri Kagum

0
546 views

CURUG – Warga RT 03 RW 07, Lingkungan Kemanisan Umbul, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug, bertekad membuat juri Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 kagum. Warga sudah tak sabar menunggu penilaian tahap dua sekaligus terakhir.

Penataan di kampung yang dekat dengan persawahan ini memiliki kendala jalan. Masih berupa tanah dan kerikil. Namun, hal itu tak mematahkan semangat warganya untuk bersaing di LRLA.

Ketua RT 03 Sarta mengaku, pada penilaian tahap pertama, ia mendapat banyak teguran dari tim juri lantaran penataan kampungnya masih sedikit. Saat itu, warga hanya melakukan kegiatan bersih-bersih dan mencabut rumput liar.

”Sejak itu, kita bertekad bakal bikin juri kagum,” tegas Sarta kepada Radar Banten, Senin (24/8).

Warga kemudian langsung bergotong royong. Mereka membuat pemagaran sepanjang 300 meter di pinggir jalan. Pagar juga dipasang di setiap rumah yang dihiasi pula oleh pot tanaman hias dan tanaman bunga.

“Cuma sayang, kondisi jalannya masih rusak. Kalau (jalan-red) udah paving block mah pasti bagus,” tukas Sarta.

Ia juga sudah membentuk kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan. Namun, legalitas dari Pemerintah Kelurahan Sukawana belum diurus. Alasannya, Sarta masih sibuk melengkapi peralatan keamanan di pos ronda. ”Belum lengkap pos rondanya,” ungkap Sarta.

Lurah Sukawana Uyeh Susanto mengaku sudah mengimbau kepada enam ketua RT di wilayahnya yang ikut LRLA agar segera mengurus pengesahan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan. ”Kayaknya sih pekan ini para pak RT-nya mau pada ngurus SK (surat keputusan-red),” ungkapnya.

Uyeh optimistis, enam ketua RT di wiayahnya itu tak akan membuat juri kecewa,. Justru akan membuat tim juri kagum dengan hasil penataan kampungnya. ”Semoga, RT 03 dan lainnya dapat juara,” harapnya. (mg06/don)