Warga RT 03 Pamarian Gotong Royong Lembur Sampai Malam

0
770 views

CURUG – Semangat dan kekompakan warga RT 03 RW 02, Lingkungan Pamarian, Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, patut diacungi jempol. Demi kebersihan, keindahan, dan keamanan lingkungannya, mereka gotong royong sampai malam hari.

Konsep penataan RT 03 adalah lingkungan hijau. Warga menggunakan tanaman jenis sayur dan tanaman obat untuk merealisasikannya. Konsep ini, tentu tidak mengesampingkan kebersihan dan keamanan lingkungan.

“Kami akan membuat dua taman, karena konsepnya adalah lingkungan hijau. Alasan memilih jadi lingkungan hijau, karena kami sudah punya modal penghijauan yang dilakukan sejak sebelum mengikuti lomba kampung resik lan aman,” ungkap Ketua RT 03 Ahmad Jam pada Rabu (10/6).

Modal ini tidak membuat warga RT ini berat melakukan penghijauan. Makanya, saat ini, mereka tengah melakukan pemagaran dan pengecatan. Warga mengerjakannya siang-malam.

Pembuatan gapura dan penataan pos ronda masih dalam perencanaan. “Alhamdulillah, warga kami kompak dan antusias. Pemagaran dan pengecatan selain dari dana stimulan, ada beberapa rumah yang menata halaman rumahnya dengan modal sendiri. Mereka beli bambu sendiri dan menata sendiri. Itu membantu kami melakukan penataan, karena otomatis pagar yang sudah disiapkan bisa dialihkan ke lokasi lain,” ungkap Ahmad Jam.

Lingkungan RT 03, diakui warganya sudah cukup bersih. Sebab, menurut Ahmad Jam, kendati tidak ada lomba kampung bersih dan aman, warganya disiplin membersihkan halaman rumah masing masing.

“Pemagaran juga sebetulnya sudah dilakukan sebelum ikut lomba, tapi karena sudah lama, kami ganti dengan pagar yang baru,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat RT 03, Diwan, merasa gembira karena lingkungannya menjadi lebih baik lagi. “Sekarang mah lingkungan kami enak dipandang. Ke depannya, kegiatan gotong royong juga akan ditingkatkan untuk merawat penataan yang sudah dan akan dilakukan. Mudah-mudahan, warganya jadi sadar. Penataan yang dilakukan warga kan selama ini dilakukan malam hari. Karena kalau pagi sampai sore, mereka kerja,” tuturnya. (rio/don)