Warga RT 04 Pancur Semakin Kompak

0
623 views

TAKTAKAN – Penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 mampu membuat warga RT 04 RW 04, Lingkungan Pancur, Kelurahan Pancur, Kecamatan Taktakan, semakin kompak. Kini, mereka mulai membuat gapura, membuat pagar, dan melakukan penghijauan.

Ketua RT 04 Mansyur menilai, LRLA bisa menyatukan semangat dan kekompakan warganya. Ia melihatnya dari jumlah warga yang ikut gotong royong setiap pekan. Yang awalnya hanya lima orang, sekarang paling sedikit 30 orang.

“Bener-bener terasa manfaatnya (LRLA-red),” kata Mansur kepada Radar Banten, Selasa (30/6).

Apalagi, warga RT 04 sedang mengejar target untuk merampungkan pembuatan gapura, pagar, dan memperbanyak tanaman untuk penghijaun sesuai arahan tim juri. Ketiganya dikerjakan dalam waktu bersamaan.

“Anak muda dan bapak-bapak bikin pagar dan gapura. Ibu-ibu penghijauan,” jelas Mansyur.

Tahap pengerjaan gapura dan pagar, menurutnya, baru 50 persen. Sementara, penghijauan baru 30 persen lantaran belum semua bibit tanaman bisa ditanam. Ibu-ibu RT ini baru bisa menanam tanaman hias di sepanjang pinggir jalan dan pekarangan rumah warga.

“Jadi enggak cuma indah, tapi juga hijau. Kita targetkan pertengahan Juli selesai,” harap Mansyur.

Untuk keamanan lingkungan, pengurus RT 04 dibantu Bhabinkamtibmas Brigpol Ahmad Sofan. Mereka sudah melengkapi alat keamanan di pos ronda.

Kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum di RT ini pun telah dibentuk dan disahkan oleh Lurah Pancur. “Semua sudah lengkap, termasuk juga SK (surat keputusan-red) kelompok penggerak lingkungannya ada,” jelas Mansyur.

Sementara, Lurah Pancur Dulsalim menyerahkan konsep penataan kepada warga dan pemuda. Menurutnya, LRLA ialah lomba untuk warga dan manfaatnya juga untuk warga.

“Saya hanya ikut mendukung. Semoga hasilnya bagus,” pungkas Dulsalim. (mg06/don)